Jurnal Kolaboratif Sains
Vol 1, No 1 (2019)

ANALISIS JEJARING SOSIAL SEBAGAI MEDIA UNTUK MINAT BERWIRAUSAHA BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALU

Laraswati, Laraswati (Unknown)
Kadir, Haris Abd (Unknown)
Guasmin, Guasmin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini didasari oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya jejaring sosial. Jejaring sosial saat ini banyak dimanfaatkan sebagai media promosi dan platform jual-beli.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran jejaring sosial pada minat berwirausaha bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif selanjutnya populasi diambil dari setiap fakultas di Universitas Muhammadiyah Palu, dengan menentukan jumlah proporsional pada setiap fakultas. Sumber data diperoleh dari penyebaran kuesioner sebanyak 96 eksemplar yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tabulasi frekuensi. Dari hasil perhitungan menggunakan metode tabulasi frekuensi, pada variabel jejaring sosial diperoleh nilai total skor rata-rata 4,01 dan nilai total skor rata-rata pada variabel minat berwirausaha yaitu 3,98 persetujuan ini dinilai memiliki nilai yang cukup tinggi bahwa jejaring sosial memiliki peran pada tumbuhnya minat berwirausaha bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu. Selanjutnya juga diketahui bahwa faktor internal secara positif dapat mendorong tumbuhnya minat berwirausaha bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu dengan nilai skor rata-rata 4,2, nilai terbesar pada faktor internal ini adalah faktor motivasi dengan nilai skor 4,5 kemudian faktor kemampuan dengan nilai skor 4,1 dan faktor perasaan senang dengan nilai skor 4,0. Sedangkan faktor ekternal diketahui memiliki nilai skor rata-rata 3,7, faktor ini terdiri dari faktor keluarga dengan nilai skor 3,6 kemudian faktor lingkungan masyarakat dengan nilai skor 4,0 dan faktor lingkungan sekolah dengan nilai skor 3,7, dengan demikian faktor ekternal dinilai bukan merupakan faktor utama pada tumbuhnya minat berwirausaha bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu. Kata Kunci : Minat Berwirausaha

Copyrights © 2019