cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Articles 530 Documents
PERAN METODE BUZZ GROUP DALAM MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS MUHAMMADIYAH NUNU PALU Ningsih, Khairia
Jurnal Kolaboratif Sains Vol 1, No 1 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.377 KB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Metode Buzz Group di MTS Muhammadiyah Nunu Palu yang dapat membangkitkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode Buzz Group dalam membangkitkan motivasi belajar pesera didik. Permasalahan yang dapat diidentifikasikan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan Metode Buzz Group di MTS Muhammadiyah Nunu Palu, (2) Bagaimana implikasi pelaksanaan metode Buzz Group dalam membangkitkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTS Muhammadiyah Nunu Palu. Penelitian ini adalah termasuk dalam penelitian kualitatif yang digunakan sebagai pendekatan penelitian. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah kata-kata, tindakan dan dokumen, sedangkan sumber datanya yaitu informan, sumber data tertulis dalam dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis melalui pengolahan data dan analisa data. Pengecekan data dilakukan dengan peneliti membaca berbagai macam referensi buku maupun hasil penelitian atau dokumentasi-dokumentasi yang terkait dengan temuan yang diteliti. Hasil penelitian peran metode Buzz Group memiliki peran penting dalam membangkitkan motivasi belajar peserta didik. Metode Buzz Group yaitu metode diskusi kelompok kecil yang terdapat didalamnya 4-6 orang dalam setiap kelompok, yang mana setiap kelompok mendiskusikan pemrmasalahan yang diberikan oleh guru mata pelajarannya. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwasannya metode diskusi ini merupakan salah satu metode yang digunakan pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam yang dapat membangkitkan motivasi belajar peserta didik di MTS Muhammadiyah Nunu Palu.
MASALAH PIAUD GURU DALAM MENCAPAI PRESTASI BELAJAR DI KEMERGARDEN SINGGANI DESA SILAMPAJANG DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM Wahyuni, Wahyuni
Jurnal Kolaboratif Sains Vol 1, No 1 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.377 KB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah masalah guru PIAUD dalam prestasi belajar. di TK Singgani Silampajang dalam kajian pendidikan islami, yang diformulasikan menjadi dua subs, yaitu 1. Bagaimana uraian masalah guru PIAUD dalam prestasi belajar di TK Singgani Desa Silampajang, dan 2. Bagaimana dampak masalah guru PIAUD dalam pembelajaran prestasi di Taman Kanak-Kanik Singgani dalam tinjauan pendidikan islamis. Tujuan penelitian ini adalah 1. untuk mengetahui gambaran masalah guru PIAUD dalam prestasi belajar di TK Singgani Desa Silampajang, dan 2. Untuk mengetahui pengaruh masalah guru PIAUD dalam prestasi belajar di TK Singgani Sinlampajang dalam kajian pendidikan islam . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang terdiri dari jenis penelitian, observasi, dokumentasi, pedoman wawancara, pendekatan reserch, jadwal penelitian, setting penelitian, kehadiran peneliti, sumber data, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan memeriksa validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Masalah guru PIAUD dalam prestasi belajar di Taman Kanak-Kanak Singgani Desa Silampajang adalah orang tua siswa masih sulit untuk bekerja sama atau bekerja sama karena usaha mereka, TK tidak memiliki cukup penjaga dan guru karena kesejahteraan mereka belum maksimal. 2. Dampak masalah guru PIAUD dalam prestasi belajar di Taman Kanak-Kanak Singgani Desa Silampajang dalam kajian pendidikan Islam adalah pelaksanaan program tidak berjalan maksimal karena kurang partisipasi masyarakat, sedangkan pendidikan harus diperhatikan oleh semua elemen. Dengan kata lain, pembangunan sarana dan prasarana tidak berjalan dengan lancar karena hanya mengharapkan subsidi dari pemerintah. Orang tua dan wali siswa sulit untuk berpartisipasi. Guru tidak fokus pada pengajaran karena dia juga berfungsi sebagai penjaga. Guru harus bekerja ekstra untuk memenuhi kebutuhannya, karena gajinya di taman kanak-kanak tidak mencukupi.
DAMPAK PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALU UMMUL KARIMAH, WULAN
Jurnal Kolaboratif Sains Vol 1, No 1 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Skripsi ini membahas tentang dampak pemanfaatan sumber belajar berbasis multimedia dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam dengan sub masalah Bagaimana dampak pemanfaatan sumber belajar berbasis multimedia dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Palu, dan Bagaimana Implikasi pemanfaatan sumber belajar berbasis Multimedia dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Palu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pemanfaatan sumber belajar berbasis multimedia dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Palu dan untuk mengetahui Implikasi pemanfaatan sumber belajar berbasis Multimedia dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Palu. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif yang digunakan sebagai pendekatan penelitian ini yang mana berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami dan dilakukan untuk menghasilkan data yang objektif dengan kejadian-kejadian yang terjadi dilokasi penelitian serta tidak memerlukan hipotesis yang sifatnya menduga-duga. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, teknik analisis data dan reduksi data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan dampak pemanfaatan sumber belajar berbasis multimedia dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar di SMK Muhammadiyah 1 Palu sangat baik terhadap hasil nilai akademik pembelajaran peserta didik. Hasil belajar peserta didik pada ulangan harian pertama dan kedua mengalami peningkatan dan juga peserta didik lebih termotivasi untuk belajar dan perhatian mereka terhadap pelajaran juga lebih baik Pemanfaatan melalui Multimedia dalam proses pembelajaran menjadi multiarah, yakni adanya keterlibatan antara peserta didik dengan guru. Multimedia dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat dijadikan sumber belajar siswa untuk meningkatkan pemahaman, adanya perhatian dalam pembelajaran dan, tidak lekas jenuh dan bosan. Sarana yang mendukung proses pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Muhammadiyah 1 Palu yaitu Laptop, komputer, infokus. Dari pembelajaran melalui media ini dalam penyajian pembelajaran dan diskusi berjalan dengan baik. Pendidik bisa membuat pembelajaran penuh komunikatif, waktu berjalan dengan baik, sistematika pembelajaran pun terukur rapih dan pendidik menyampaikan dengan penuh percaya diri. Semakin banyak media yang digunakan maka pembelajaran akan semakin bagus hasilnya.
PERANAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANG-KAN EMOTIONAL INTELLIGENCE ANAK DI KEL.KAWATUNA KEC. MANTIKULORE KOTA PALU DALAM PERSPEKTIF ISLAM Yanti, Fury
Jurnal Kolaboratif Sains Vol 1, No 1 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Emotional Intelligence atau kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengendalikan emosi dan rasional secara berimbang. Seorang anak yang memiliki kecerdasan emosional yang baik, tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual tetapi juga kepekaan, simpati, dan empati terhadap orang-orang disekitarnya. Orang tua sebagai madrasah pertama memiliki peran penting dalam pengembangan kecerdasan emosional seorang anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui bagaimana upaya orang tua dalam mengembangkan emotional intelligence anak di Kelurahan Kawatuna Kecamatan Mantikulore Kota Palu, (2) Mengetahui implikasi peranan orang tua dalam mengembangkan emotional intelligence anak di Kelurahan Kawatuna Kecamatan Mantikulora Kota Palu Berdasarkan Perspektif Islam. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif sebagai pendekatan penelitian, yang mana berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami. Dan didalam pengumpulan data, penulis menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (Field Research). Hasil dari penelitian yang telah penulis lakukan menunjukkan bahwa (1) Peranan orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emotional dilingkungan Kelurahan Kawatuna dikatakan baik. Keteladanan yang dicerminkan oleh anak-anak menunjukkan bahwa peranan orang tua dalam mengembangkan emotional intelligence dapat dikatakan cukup baik. (2) Implikasi peranan orang tua dalam mengembangkan emotional intelligence anak di Kelurahan Kawatuna Kecamatan Mantikulore Kota Palu berdasarkan perspektif Islam juga di kategorikan baik, karena para orang tua di tengah kesibukan tetap meluangkan waktu terhadap pendidikan anaknya. Kata Kunci : Orang tua, Pengembangan Emotional Intelligence (EI) Anak
PENERAPARAN METODE ELEKTIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTS ALKHAIRAAT DOLO Magfira, Magfira
Jurnal Kolaboratif Sains Vol 1, No 1 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pokok masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana "Penerapan Metode Eklektik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Al-Khairaat Dolo", dengan rumusan masalah yakni: Bagaimana penerapan metode eklektik di MTS Al-Khairaat Dolo? dan Bagaimana dampak metode ekletiktik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di AlKhairaat Dolo? Tujuan penelitian skripsi ini adalah: pertama untuk mengetahui penerapan metode eklektik di MTS Al-Khairaat Dolo dan untuk mengetahui Bagaimana dampak metode ekletiktik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTS Al-Khairaat Dolo. Adapun metode penelitian yang digunakan yakni metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan menggambarkan bahwa: (l) Penerapan metode eklektik di MTS AlKhairaat Dolo dilakukan sebagai upaya guru dalam menciptakan proses pembelajaran yang lebih kondusif dengan model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Penerapan metode ekleklik dilakukan dengan menggabungkan beberapa strategi pembelajaran antara lain metode diskusi, metode ceramah, simulasi dan praktek. Guru juga menggunakan metode tersebut secara bergantian yang disesuikan dengan materi yang diajarkan. Selaln itu guru juga menggunakan alat bantu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam mendukung penggunaan metode eklektik seperti LCD.. (2) Dampak metode ekletiktik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTS Al-Khairaat Dolo yakni dapat membuat siswa sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, dan membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan, serta menjadikan pembelajaran srswa lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran sehmgga didapatkan hasil belajar yang lebih baik.Kata Kunci : Efektititas pembelajaran, metode eklektik, motivasi belajar
KONTRADIKSI PANDANGAN TENTANG TRADISI MENYAMBUT BULAN RAMADHAN DI DESA NAMBO KECAMATAN BUNGKU TIMUR DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM Minarsih, Minarsih
Jurnal Kolaboratif Sains Vol 1, No 1 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pokok masalah yang diangkat dalam Skripsi ini diformulasi kedalam dua sub masalah yakni: (1) Bagaimana kontradiksi pandangan tentang tradisi menyambut bulan Ramadhan di Desa Nambo Kecamatan Bungku Timur. (2) Bagaimana implikasi kontradiksi pandangan tentang tradisi menyambut bulan Ramadhan di Desa Nambo Kecamatan Bungku Timur dalam tinjauan pendidikan Islam. Tujuan penelitian skripsi ini adalah: (1) untuk mengetahui kontradiksi pandangan tentang tradisi menyambut bulan Ramadhan di Desa Nambo Kecamatan Bungku Timur. (2) untuk mengetahui implikasi kontradiksi pandangan tentang tradisi menyambut bulan Ramadhan di Desa Nambo Kecamatan Bungku Timur dalam tinjauan pendidikan Islam. Dalam skripsi ini menggunakan deskriptif Kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif Kualitatif, Yang terdiri dari: Jenis Penelitian, Pendekatan Penelitian, Jadwal Penelitian, Lokasi Penelitian, Kehadiran Peneliti, Sumber Data, Teknik Pengumpulan Data, Teknik Analisis Data, dan Pengecekan Keabsahan Data. Hasil penelitian penulis menunjukan bahwa: (1) Kontradiksi pandangan tentang tradisi menyambut bulan Ramadhan di Desa Nambo Kecamatan Bungku Timur adalah Masih memberlakukan pemberian Tradisi kepada arwah, apabila ada yang sakit juga dikaitkan dengan arwah, Menyiapkan sajian yang berlebihan ketika memasuki Ramadhan dianggap perbuatan sia-sia, Menyediakan makanan untuk arwah pada hari raya idul adha dan idul fitri untuk di do’akan dan dikirimkn buat si mayid adalah perbuatan yang tidak punya dasar hukum, Menyediakan Dupa untuk pengobatan pada penyakit tertentu, seperti keteguran, kemasukan dan penyakit semacamnya dianggap sebagai keyakinan yang masih menduakan Allah. (2) Implikasi kontradiksi pandangan tentang tradisi menyambut bulan Ramadhan di Desa Nambo Kecamatan Bungku Timur dalam tinjauan pendidikan Islam adalah Masyarakat selalu melaksanakannya, karena sudah menjadi kepercayaan. Padahal tradisi ini bertentangan dengan ajaran Islam, Perbuatan tradisi baca-baca makanan ketika menyambut bulan Ramadhan, hal ini bertentangan Islam, Menyediakan makanan pada hari raya idul adha dan idul fitri untuk di do’akan dan dikirimkn buat si mayid, hal ini adalah perbuatan yang tidak mendasar, Tradisi siram kubur yang terus dilakukan. Hal ini bertentangan dengan Ajaran Agama Islam.
KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP ARWAH DI DESA PINAMULA BARUKECAMATAN MOMUNU DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM Asni, Asni
Jurnal Kolaboratif Sains Vol 1, No 1 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kepercayaan masyrakat terhadap arwah, tahlilan, kepercayaan magis di desa pinamula baru kecamatan momunu dalam tinjauan pendidikan islam dengan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Kepercayaan Masyarakat Terhadap Arwah di Desa Pinamula Baru Kecamatan Momunu? dan bagaimana tinjauan pendidikan islam terhadap Kepercayaan Masyarakat Terhadap Arwah di Desa Pinamula Baru Kecamatan Momunu. Adapun tujuan penelitian ini yaituUntuk mengetahui Kepercayaan Masyarakat Terhadap Arwah di Desa Pinamula Kecamatan Momunu Untuk mengetahui tinjauan pendidikan IslamTerhadap Arwah di Desa Pinamula Baru Kecamatan Momunu. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kependidikan karena sesuai dengan konteks permasalahan penelitian. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif melalui : redukasi data, penyajian data dan pertivikasi data (penarikan kesimpulan). Keabsahan data dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan kriteria kredibilitas (derajat kepercayaan). Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa :1.Kepercayaan mempunyai pengaruh pada diri masyarakat yang sangat mendalam terhadap arwah, Tahlilan dan kepercayaan Magis karena mereka akan mempertanggung jawabkan kepercayaan yang selama ini melekat pada masyarakatkarena tidak memiliki pengetahuan yang mendasar dari Al-Qur‟an dan Hadis sehingga menganggap hal demikian adalah wajar dalam kehidupan bermasyarakat dan berragama serta minimnya pengetahuan agama 2. Adapun tinjauan pendidikan islam terhadap Arwah, Tahlilan dan kepercayaan magismemanfaatkan akal pikiran yang diberikan Allah untuk mempelajari dan memahami syariat islam serta meninggalkan amalan-amalan yang tidak sesuai dengan syariat islam, karena tidak ada satu ayatpun dalam Al-Qur‟an, ataupun sepotong hadist sah yang mengajarkan kpercayaan terhadap arwah, Tahllan, kepercayaan magis yang memilki kekuatan dalam membantu kehidupan manusia untuk segala urusan dunia dan kebaikan akhiratYang bisa mendapat balasan pahala dan mempermudah menghadap Allah Swt, hanya orang yang selama hidupnya di dunia selalu menjadikan Al Quran Al-Hadist sebagai pedoman dan berbuat kebaikan yang akan selalu berada di jalan yang Allah ridoi dan akan bahagia selalu di dunia dan akhirat
STUDI TENTANG HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA LULUSAN MADRASAH IBTIDAIYAH DAN SEKOLAH DASAR DI SMPN 1 BUNGKU Lani, Munawar
Jurnal Kolaboratif Sains Vol 1, No 1 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam Skripsi ini adalah studi tentang hasil belajar pendidikan agama islam siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar di SMPN 1 Bungku, yang diformulasikan kedalam dua sub, yaitu: 1. Bagaimana deskripsi studi tentang hasil belajar pendidikan agama islam siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar di SMPN 1 Bungku, dan 2. Bagaimana dampak studi tentang hasil belajar pendidikan agama islam siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar di SMPN 1 Bungku. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah 1. untuk mengetahui deskripsi studi tentang hasil belajar pendidikan agama islam siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar di SMPN 1 Bungku, dan 2. untuk mengetahui dampak studi tentang hasil belajar pendidikan agama islam siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar di SMPN 1 Bungku. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif Kualitatif, Yang terdiri dari: Pendekatan dan Jenis Penelitian Kehadiran Peneliti, Lokasi Penelitian, Sumber Data, Prosedur Pengumpulan Data, Analisis Data, Pengecekan Keabsahan Temuan dan Tahap – tahap penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1. Adapun deskripsi studi tentang hasil belajar pendidikan agama islam siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar di SMPN 1 Bungku adalah Nilai pelajaran agama siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah lebih tinggi dibanding lulusan Sekolah Dasar, Siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah lebih cepat menghafal pelajaran agama dibanding siswa lulusan Sekolah Dasar Siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah rajin menghafal do’a-do’a, sedangkan Sekolah Dasar malas menghafal do’a-do’a, dan Siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah sudah bisa kultum di Sekolah, sedangkan lulusan Sekolah Dasar belum bisa kultum, 2. Adapun dampak studi tentang hasil belajar pendidikan agama islam siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar di SMPN 1 Bungku adalah dapat mengetahui kemampuan belajar siswa, dapat mengetahui dan mengukur kemampuan belajar siswa
KERJASAMA BERSAMA MENUJU RUMAH KEBERADAAN KEAHLIAN DI DESA OTI DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM Nurdjannah, Nurdjannah
Jurnal Kolaboratif Sains Vol 1, No 1 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah kerjasama timbal balik terhadap keberadaan rumah ibadah di Desa Oti dalam kajian pendidikan Islam. Desa Oti dipilih sebagai subjek penelitian karena mudah dijangkau. Masalah penelitian ini dirumuskan ke dalam dua sub-masalah yaitu: (1) Bagaimana gambaran kerjasama mutul masyarakat terhadap keberadaan rumah ibadah? (2) Bagaimana implikasi dari gotong royong masyarakat terhadap keberadaan rumah ibadah dari tinjauan pendidikan Islam? Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui gambaran kerjasama mutul masyarakat terhadap keberadaan rumah ibadah. (2) Untuk mengetahui implikasi dari gotong royong masyarakat terhadap keberadaan rumah ibadah dari tinjauan pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pendidikan Islam, karena kedua sub-masalah penelitian ini membahas tentang tinjauan pendidikan Islam. Pendekatan pendidikan Islam sangat relevan dengan gotong royong terhadap keberadaan rumah ibadah. Selain itu, peneliti juga menggunakan pendekatan yuridis, peneliti membahas subjek penelitian dengan tinjauan Islam sebagai titik awal dalam konteks implikasi kerja sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kerja sama masyarakat adalah untuk kepentingan umum, wajib, kerja sama berfokus pada pembangunan rumah ibadah dan pembersihan masjid. Kerjasama ini dilakukan oleh pemerintah desa, pemuka agama dan masyarakat (2) implikasi dari gotong royong masyarakat terhadap keberadaan rumah ibadah dari tinjauan pendidikan Islam adalah pendirian rumah ibadah dari swadaya masyarakat, orang memiliki rasa tanggung jawab, rumah ibadah di lima dusun berdiri teguh dan mereka bersih. Kerja sama antara pemerintah desa, pemimpin agama dan masyarakat didirikan dan persatuan dan kekerabatan masyarakat dibangun
MANAJEMEN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SIENJO KECAMATAN TORIBULU KABUPATEN PARIGI MOUTONG Naima, Naima; Sudirman, Sudirman; Anzar, Muhammad
Jurnal Kolaboratif Sains Vol 1, No 1 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.247 KB) | DOI: 10.31934/jom.v1i1.404

Abstract

Manajemen Mutu pelayanan kesehatan merupakan proses rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dengan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan yang ditetapkan. Mutu pelayanan kesehatan diantaranya kehandalan, tanggung jawab, efesiensi atau efektifitas. Penelitian ini bertujuan untuk Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sienjo Kecamatan Toribulu Kabupaten Parigi Moutong. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 7 orang yang terdiri dari 1 orang informan utama 4 informan tambahan dan 2 orang informan biasa di Puskesmas Puskesmas Sienjo Kecamatan Toribulu Kabupaten Parigi Moutong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pelayanan kesehatan ditinjau dari yaitu : 1) ketanggapan sudah baik, 2) tanggung jawab sudah baik, 3) efesiensi sudah baik 4) dan efektivitas belum baik di Puskesmas Sienjo Kecamatan Toribulu Kecamatan Toribolu Kabupaten Parigi Moutong. Ditujukan bagi pihak instansi Puskesmas Diharapakan melakukan penambahan fasilitas kesehatan dan petugas kesehatan harus memberikan pelayanan lebih efektif agar menjadi penilaian bagi mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Sienjo Kecamatan Toribulu Kabupaten Parigi Moutong.

Page 1 of 53 | Total Record : 530