Jurnal Kolaboratif Sains
Vol 1, No 1 (2019)

MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALU KEGIATAN MENGGAMBAR PADA KELOMPOK B TK KABELOTA LOKO POBOYA, PALU

pratiwi, Riski (Unknown)
Said, Arsyad (Unknown)
Salam, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2019

Abstract

Permasalahan  penelitian ini adalah Apakah melalui metode menggambar dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini di kelompok TK Kabelota Loko.  Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan bahwa kegiatan menggamgar dapat meningkatkan kreatifitas belajar anak. Subyek penelitian adalah anak kelompok B TK Kabelota Loko Poboya  yang berjumlah 17 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan Siklus II, dengan masing-masing tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, dokumentasi, hasil karya. Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan secara  kolaboratif dengan teman sejawat, peneliti di sini bertindak sebagai observer. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa kegiatan menggambar  dapat meningkatkan kreatifitas belajar anak  kelompok  B di TK Kabelota Loko Poboya pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Dengan dibuktikan adanya hasil presentase ketuntasan belajar yaitu dari pra tindakan jumlah anak yang sudah berkembang sesuai harapan dan anak yang berkembang sangat baik berjumlah 2 anak atau 11,74% meningkat pada siklus I menjadi 58,9% atau 10 anak berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik /optimal. Dan pada siklus II meningkat lebih baik lagi menjadi 81,0% atau 14 anak yang terdiri dari 5 anak berkembang sesuai harapan dan 9 anak berkembang sangat baik / optimal.peneliti menyarankan kepada orang tua siswa untuk lebih memperhatikan anak dengan kasih sayang.Kata kunci : Menggambar, Kreatifitas Anak usia dini. 

Copyrights © 2019