Hibualamo : Seri Ilmu-Ilmu Sosial dan Kependidikan
Vol 3 No 2 (2019)

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 4 HALMAHERA UTARA

Usman, Gufran (Unknown)
Yunus, Muhamad Refki (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian autentik pada pembelajaran fisika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan, terdiri atas tiga tahap yaitu studi pendahuluan, pengembangan, dan evaluasi. Data yang digunakan dalam analisis empiris uji coba I melibatkan 23 responden, dan uji coba II 48 responden. Hasil analisis uji coba I diperoleh instrument yang valid pada aspek kognitif (soal pilihan ganda) 22 butir dengan nilai reliabilitas 0.738, aspek sikap terdapat 21 butir valid dengan reliabilitas 0.740 dan aspek psikomotorik terdapat 20 butir yang valid dengan nilai reliablitas 0.744. Sedangkan hasil analisis uji coba II diperoleh instrumen yang pada aspek kognitif (soal pilihan ganda) 18 butir dengan nilai reliabilitas 0.734, aspek sikap terdapat 20 butir valid dengan reliabilitas 0.751 dan aspek psikomotorik terdapat 20 butir yang valid dengan nilai reliablitas 0.745. Hasil penelitian dan pengembangan instrumen penilaian autentik menunjukan seluruh aspek (kognitif, sikap dan psikomotorik) termasuk dalam kategori tinggi (baik).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

HibSos

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal ini dikelola dan diterbitkan oleh LPPM Universitas Hein Namotemo yang mempublikasikan artikel dalam bidang: 1. Filsafat 2. Sosial Humaniora 3. Budaya 4. Agama 5. ...