Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 13, No 1 (2020): BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi

Implementasi Pendekatan Saintifik Guru Biologi SMA di Boyolali

Hariyatmi, Hariyatmi (Unknown)
Septiety, Denik Dwi (Unknown)
Wijayanti, Ristiyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2020

Abstract

Pendekatan saintifik merupakan pembelajaran yang mengadopsi langkah-langkah saintis dalam membangun pengetahuan melalui metode ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran pendekatan saintifik guru biologi SMA di Boyolali semester gasal tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan  adalah deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah satu guru kelas X (SMA N) dan satu guru XI (SMA Swasta).  Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode penelitian menggunakan metode observasi untuk mengamati guru saat pembelajaran selama 3 pertemuan, dibantu dengan dokumentasi video saat pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa implementasi pembelajaran pendekatan  saintifik guru Biologi SMA di Boyolali  semester gasal TA 2018/2019 termasuk cukup (44.75%). Pembelajaran saintifik yang digunakan adalah Discovery Learning (40.95%) termasuk cukup dan Problem Based Learning (64%) termasuk baik. Namun belum semua guru Biologi yang digunakan penelitian menggunakan kedua model pembelajaran tersebut. Guru Biologi yang sudah menggunakan kedua model tersebut implementasinya termasuk baik (64%) dan yang mengimplentasikan satu model pembelajaran termasuk katagori kurang (33.2%). Data dianalisis secara deskriptif dan berdasarkan hasil penelitian serta pembahasan dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran saintifik guru Biologi SMA di Boyolali  semester gasal TA 2018/2019 termasuk cukup (44.75%), dengan model pembelajaran  Discovery Learning dan Problem Based Learning.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bioedukasi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

BIOEDUKASI-Jurnal Pendidikan Biologi FKIP UNS merupakan peer review journal, memuat artikel hasil penelitian, review, dan pemikiran terkait dengan biologi, lingkungan, pembelajaran dan pendidikannya. Terbit dua kali dalam setahun, pada bulan Februari dan ...