Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Teknik Informatika
Vol. 4 (2017)

Rancang Bangun Aplikasi helpdesk Dengan Menggunakan Pendekatan Knowledge Management System Pada Seksi Teknisi pt. Indah kiat pulp & paper Tbk.

Agus Irawan (Universitas Serang Raya)
Nanda Krisna Setiyorini (Universitas Serang Raya)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2017

Abstract

PT. Indah Kiat merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri kertas, pulp (bubur kertas) dan kertas kemasan produk. Didalam PT. Indah Kiat terdapat seksi teknisi yang bernaung pada divisi engineering dan memiliki tanggung jawab dalam melakukan perbaikan kerusakan fasilitas dan sarana yang ada didalam mess karyawan perusahaan. Kendala dan kesulitan sering dialami oleh teknisi dalam mengelola laporan kerusakan serta dalam memberikan penanganannya untuk itu perlu adanya sistem untuk mengelola laporan serta membantu dalam memberikan solusi yang tepat dalam menanganinnya. Aplikasi helpdesk merupakan sebuah aplikasi yang memiliki tanggung jawab dalam memberikan pelayanan terhadap laporan kerusakan. Dengan penambahan fitur knowledge management untuk menyelesaikan permasalahan kerusakan dengan mencari dalam basis pengetahuan yang direkam untuk menentukan solusi apa yang tepat, berdasarkan pengetahuan yang dimiliki oleh tiap-tiap teknisi untuk dibagikan kepada teknisi lain yang memiliki permasalahan yang sama dalam menyelesaikan kerusakan. metode yang digunakan dalam membangun aplikasi helpdesk dengan menggunakan pendekatan knowledge management system adalah Waterfall model dan dirancang dengan diagram UML (Unified Modeling Language). Bahasa pemrogramman yang digunakan adalah PHP dengan database MySql. Dengan dibangunya aplikasi helpdesk dengan menggunakan pendekatan knowledge management system diharapkan dapat menjadi alat untuk membantu pengelolaan laporan kerusakan dan pengetahuan tentang kerusakan serta solusi yang tepat untuk menyelesaikan kerusakan berdasarkan basis pengetahuan yang sudah ada.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ProTekInfo

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

rotekinfo (Pengembangan Riset dan Observasi Teknik Informatika) is a Computer Science or Informatics journal published by Program Studi Informatika Universitas Serang Raya with registered number ISSN 2406-7741(Print) 2597-6559 (On-Line). This journal aims to publish the results of research in the ...