Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Vol 3, No 1: April 2020

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING BERBANTU MULTIMEDIA DAN MEDIA SEDERHANA TERHADAP KREATIVITAS SISWA

Meike Paranna (Universitas Kristen Satya Wacana)
Gamaliel Septian Airlanda (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuktikan perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Circuit Learning yang berbantu multimedia dan model pembelajaran circuit learning yang berbantu media sederhana terhadap kreativitas siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment Research)- non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hipotesis awal dalam penelitian ini adalah Ho: Model pembelajaran circuit learning berbantu media sederhana lebih berpengaruh terhadap kreativitas siswa. Dari hasil uji t menggunakan Independent Sample t-test menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,393 dengan nilai signifikansi pada kolom Sig (2-tailed) sebesar 0,020. Berdasarkan hasil kriteria pengujian hipotesis, bahwa nilai signifikasinya menunjukkan 0,020 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya model pembelajaran circuit learning berbantu multimedia lebih berpengaruh terhadap kreativitas siswa. Keberhasilan penelitian ini di dukung dengan adanya peningkatan hasil pretest ke postest dan juga rata-rata hasil penilaian kreativitas siswa yaitu membuat peta konsep/mind map yang lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran circuit learning berbantu media sederhana.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan ...