JPF : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA
Vol 8, No 1 (2020): PENDIDIKAN FISIKA

The Implementation of Character Education in Physics Subjects through Salingtemas Approach

Reski Idamayanti (Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muslim Maros)
Irma Sakti (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2020

Abstract

Character education is a process of instilling certain character values which at the same time students are able to grow their distinctive character when running life into old age. In physics subjects are able to make a meaningful contribution to character education. The application of character education in learning needs to be adjusted to the approach used. One of them is by applying Salingtemas approach in learning. The research location was SMP Negeri 1 Palakka, bone district with a total sample of 30 students. This research uses a descriptive qualitative approach. Data analysis techniques used in this study are descriptive analysis techniques, data obtained from interviews, observations, documentation, followed by describing (describing), analyzing and interpreting in depth especially data relating to character formation and character description of students. Broadly speaking, the stages used to analyze data include data reduction, data display, conclusions and verification. Character valuesformed by applying character edification with a mutual approach are disciplined, religious, honest, logical thinking, creative, independent, creative, communicative, cooperation, mutual respect, self-confidence, polite, honest, responsible, hard work, caring for the environment and Social care.Keywords: Character Education, The Salingtemas ApproachPendidikan karakter adalah merupakan proses menanamkan nilai karakter tertentu yang sekaligus peserta didik mampu menumbuhkan karakter khasnya pada saat menjalankan kehidupan hingga tua. Pada mata Pelajaran fisika mampu memberikan kontribusi berarti terhadap pendidikan karakter. Penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran perlu disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan. Salah satunya dengan menerapkan pendekatas Salingtemas dalam pembelajaran. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 palakka kabupaten bone dengan jumlah sampel sebanyak 30 peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif, data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi, dilanjutkan dengan mendeskripsikan (memaparkan), menganalisis dan menginterpretasi secara mendalam terutama data yang berhubungan dengan  pembentukan karakter dan gambaran karakter peserta didik. Secara garis besar tahap-tahap yang digunakan untuk menganalisis data diantaranya reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi.  Nilai Karakter yang terbentuk menerapkan pendidikan karakter dengan pendekatan salingtemas adalah disiplin, religius, jujur, berpikir logis, kreatif, mandiri, kreatif, komunikatif, kerja sama, saling menghargai, percaya diri, santun, jujur, bertanggung jawab, kerja keras, peduli lingkungan dan peduli sosial.Kata kunci: Pendidikan Karakter, Pendekatan Salingtemas 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan fisika. Hasil Penelitian yang dimuat pada jurnal ini berasal dari tenaga pengajar, alumni pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar serta hasil penelitian dari ...