JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol 3 No 3 (2019): December 2019

PENDIDIKAN DALAM PEMIKIRAN MOHAMMAD HATTA

Amelia, Dessy (Unknown)
Firman, Firman (Unknown)
Rusdinal, Rusdinal (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2019

Abstract

Pendidikan dalam arti luas adalah kegiatan didik-mendidik yang terjadi di mana  dan kapan saja. Sistem pendidikan yang tidak representatif pada masa kolonial telah melatarbelakangi munculnya pemikiran-pemikiran pendidikan dari kalangan bumiputra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran pendidikan Mohammad Hatta secara luas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (library research), yang dikumpulkan melalui arsip-arsip, buku-buku,karya-karya Bung Hatta, maupun sumber-sumber data lain yang relevan dengan masalah penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif-eksploratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemikiran pendidikan Mohammad Hatta bertujuan untuk memerdekakan manusia. Pemikiran tersebut terbagi atas pemikiran pendidikan politik, ekonomi, dan sosial yang diaktualisasikan melalui PNI Baru. Selain PNI Baru, Mohammad Hatta juga mengaktualisasikan pemikiran pendidikannya melalui berdirinya Sekolah Tinggi Islam (1945) dan lingkungan keluarga dalam mendidik ketiga putrinya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...