Masih rendahnya hasil belajar pada dua materi pokok sebelum materi Sistem Persamaan Tiga Variabel, menunjukan perlu adanya perbaikan pada sistem pembelajaran. Sesuai dengan perkembangan zaman dan aspek psikologi peserta didik bahwa mereka lebih menyukai kegiatan pembelajaran yang membuat mereka aktif, oleh sebab itu peneliti tertarik meneliti tentang penerapan model pembelajaran kerangka tandur Quantum Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar matematika peserta didik di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu pada materi Sistem Persamaan Tiga Variabel dengan menerapkan kerangka TANDUR Quantum Teaching. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengambil data dengan menggunakan format pengamatan proses belajar, dan Penilaian Harian. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: data tentang keaktifan peserta didik kategori Amat Baik, pertemuan pertama 45.16%, pertemuan kedua 58.06%, pertemuan ketiga 67.74%, pertemuan keempat 77.42%, pertemuan kelima 87.09% dan pertemuan keenam 96.77%. Ketuntasan hasil Belajar pada siklus I adalah 74.19% dan pada siklus II meningkat menjadi 90.32%. Tampak dari data tentang keaktifan peserta didik, dan ketuntasan hasil belajar terjadi peningkatan yang signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan kerangka Tandur Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu.
Copyrights © 2020