JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 1 (2020): April 2020

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 024 PAYA RUMBAI

Mahyuddin, Mahyuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2020

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 024 Paya Rumbai masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Guru masih mendominasi jalannya pembelajaran dan belum merancang pembelajaran yang memungkikan siswa untuk tumbuh dan berkembang baik secara jasmani dan rohani, siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran sehingga siswa hanya menerima informasi dan membuat siswa kurang bergairah dalam pembelajaran yang berujung pada rendahnya hasil belajar siswa. Melihat kondisi tersebut peneliti berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode demonstrasi yang bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian perbaikan pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan selama 2 siklus. Masing-masing siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Penggunaan metode demonstrasi berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Dari perbaikan pelaksanaan pembelajaran didapati hasil belajar siswa yang selalu meningkat. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri 024 Paya Rumbai Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Kata kunci:, ,

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...