JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 1 (2020): April 2020

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI PADA SISWA KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 1 LIRIK

Lindaswari, Tetty (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2020

Abstract

Berdasarkan pengamatan khususnya dalam pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Lirik, proses pembelajaran yang diterapkan guru masih berpusat pada guru yang terlihat dari pasifnya siswa selama proses pembelajaran, belum pernah diterapkan strategi pembelajaran inkuiri pada proses pembelajaran sebelumnya, kurangnya antusias siswa dalam proses pembelajaran Matematika, siswa tidak berani menyatakan pendapat, dan semua berdampak pada rendahnya hasil belajar Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas X MIA.1 SMA Negeri 1 Lirik Kabupaten Indragiri Hulu tahun pelajaran 2018/ 2019 melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan penerapan strategi pembelajaran inkuiri pada pelajaran matematika sudah menunjukkan adanya kemajuan dan kemampuan serta aktivitas siswa dalam merumuskan masalah, menentukan hipotesis, membuat siswa berani bertanya, menjawab, dan mengajukan gagasan. Selain itu juga telah mengaktifkan siswa dalam proses diskusi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...