Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Perbandingan PBL dan DL Terhadap Pemahaman Konseptual Siswa Kelas XI Ditinjau dari Motivasi Belajar

Yunia Eka Putri (Pendidikan Matematika UKSW)
Erlina Prihatnani (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model PBL dan DL terhadap pemahaman konseptual siswa ditinjau dari motivasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 3x3. Data dianalisis menggunakan uji non-parametik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa yang dikenai model DL mendapatkan pemahaman konseptul yang lebih baik dibanding siswa yang dikenai model PBL; (2) pada kelas PBL siswa dengan tingkat motivasi belajar tinggi menghasilkan pemahaman konseptual yang lebih baik dari pada siswa dengan tingkat motivasi sedang dan rendah; (3) pada kelas DL tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep yang signifikan oleh siswa yang memiliki tingkat motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah; (4) siswa dengan tingkat motivasi tinggi mendapat pemahaman konseptual yang setara pada kedua model; (5) siswa dengan tingkat motivasi sedang mendapat pemahaman konseptual yang setara pada kedua model; (6) siswa dengan tingkat motivasi rendah pada kelas DL mendapatkan pemahaman konseptual yang lebih baik dari pada siswa dengan tingkat motivasi rendah pada kelas PBL.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...