cover
Contact Name
Zulfah
Contact Email
zulfahasni670@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
zulfahasni670@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 26143038     EISSN : 25799258     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: 2579-9258 and P-ISSN: 2614-3038. JC is published twice a year in May and November. JC receives 40 articles per year The journal publishes articles in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research and development, experimental research, classroom action research, etc.
Arjuna Subject : -
Articles 820 Documents
EVALUASI Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Tahap Perencanaan Dalam Pembelajaran Matematika SMA Rena Revita; Irma Fitri
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.6 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi kesenjangan (discrepancy model) yang bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran matematika SMA. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Bengkalis. Sampel sebagai sumber informasi dalam penelitian ini adalah guru matematika SMA Negeri kelas XI. Berdasarkan jenis data yang akan dikumpulkan dan sumber datanya, maka teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengumpulan data kuantitatif dan teknik pengumpulan data kualitatif. Hasil dari penelitian ini diperoleh kualitas perencanaan pembelajaran matematika SMA berupa perangkat pembelajaran silabus yaitu perumusan indikator memperoleh hasil 87,5%, pemilihan materi memperoleh hasil 75%, pengembangan kegiatan memperoleh hasil 91,7%, alokasi waktu memperoleh hasil 75%, sumber belajar memperoleh hasil 76,4% dan penilaian memperoleh hasil 76,4%, sedangkan RPP dalam implementasi kurikulum untuk komponen perumusan indikator memperoleh hasil 75,2%, perumusan tujuan memperoleh hasil 64,3%, pemilihan materi memperoleh hasil 75,4%, pemilihan sumber memperoleh hasil 68,3%, pemilihan media memperoleh hasil76,3%, model pembelajaran memperoleh hasil 80,1%, skenario pembelajaran memperoleh hasil 68,8%, penilaian memperoleh hasil 62,9%. Sebagaimana yang terdapat pada setiap komponen-komponen pada silabus dan RPP yang dinalisis memperoleh hasil persentase rata-rata diatas 75% maka komponen pada silabus dan RPP termasuk kategori baik.
Kemampuan Logis Matematis Siswa Terhadap Prestasi Belajar untuk Memprediksi Peringkat Kesuksesan Nilai Ujian Bertaraf Nasional Intan Kemala Sari; Ahmad Nasriadi; Bella Yolanda Putri
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (860.527 KB)

Abstract

Pengukuran keberhasilan belajar di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari ujian-ujian berstandar baik tingkat sekolah maupun tingkat nasional. Kendati adanya perubahan konsep ujian menjadi bentuk assessment, namun pengukuran keberhasilan program belajar mengajar harus tetap ada. Hal ini disebabkan karena ujian masih dapat menjadi salah satu patokan untuk merumuskan kebijakan baik perbaikan maupun peningkatan keberhasilan program pendidikan. Dalam ujian atau assessment ada banyak hal yang dapat diukur, misalnya dalam matematika, harus dapat mengukur minimal kemampuan matematisnya. Salah satu kemampuan matematis yang dapat diukur adalah kemampuan logis matematis. Dalam belajar matematika kemampuan logis matematis perlu dikembangkan karena dapat membuat siswa berpikir secara cepat, mengatur rencana sebelum diungkapkan, dan memperhatikan sebab akibat dari suatu tindakan. Dalam penelitian ini dideskripsikan jumlah siswa dalam suatu komunitas yang memiliki kecenderungan bekemampuan logis matematis relatif sedikit. Selain itu tidak terdapat hubungan yang cukup kuat antara kemampuan logis matematis dengan prestasi belajar siswa. Terdapat kesenjangan antara nilai tes kemampuan logis dengan nilai prestasi belajar siswa. Hal ini dapat memprediksi bahwa ada kemungkinan tidak ada perubahan yang signifikan terhadap peringkat kesuksesan ujian bertaraf nasional apabila tidak dilakukan berbagai perubahan, karena sejatinya siswa SMA merupakan generasi penerus keberlangsungan hidup suatu bangsa di masa yang akan datang
Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 Pipip Zulfa Huzaimah; Risma Amelia
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5 No 1 (2021): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran online selama periode pandemi Covid-19. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMA KP Cikalongwetan dengan melibatkan 26 siswa sebagai responden. Dalam penelitian ini instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada siswa secara online melalui whatsapp yang disebarkan melalui Google Form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan yang paling sering dialami oleh mahasiswa adalah fasilitas dan jaringan internet. Belum semua siswa memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran online, apalagi dengan jaringan internet yang buruk sehingga menyulitkan siswa untuk mengikuti pembelajaran online yang harus selalu terkoneksi dengan internet. Selain penyampaian materi, guru dituntut lebih kreatif agar tidak memicu kejenuhan dan kemalasan dalam proses pembelajaran online. Komunikasi siswa yang terbatas dengan guru menyebabkan mereka sulit memahami materi.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis dan Metakognisi Siswa SMP Swasta Budi Insani Medan Lidia Saminer Pakpahan; Bornok Sinaga; Mangaratua M Simanjorang
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) memperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif, (2) mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan koneksi matematis dan metakognisi siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang perangkat pembelajaran, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diuji coba untuk melihat efektivitasnya. Perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif disebarkan ke forum MGMP untuk digunakan saat mempelajari materi perbandingan. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VII SMP Swasta Budi Insani Medan. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VII-2 dan kelas VII-3. Dari hasil pengembangan ini diperoleh bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,45, buku siswa = 4,29, LKPD = 4,40; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis dengan respon para validator dan praktisi kriteria kepraktisan dapat digunakan sedikit revisi; (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik; (4) peningkatan kemampuan koneksi matematis dilihat dari nilai N-gain yaitu pada uji coba I adalah 0,52 dalam kategori sedang dan pada uji coba II adalah 0,60 dalam kategori sedang; dan (5) Metakognisi siswa setelah pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan model pembelajaran berbasis masalah yang telah dikembangkan berdasarkan kategori KAM (Atas, sedang dan bawah) rata-rata metakognisi siswa pada ujicoba II lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata metakognisi siswa pada ujicoba I yakni 41,95 menjadi 46,91.
PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA Rena Revita; Zubaidah Amir MZ
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (671.615 KB) | DOI: 10.31004/cendekia.v1i1.10

Abstract

This study is a quasi experimental research that aims to determine whether there is or not differences in mathematical communication skills between students who apply cooperative learning model think-pair-share with students applying conventional learning and to know how to improve students' mathematical communication skills using cooperative learning model Think -Pair-Share. Data collection techniques in this study are observation, test and documentation techniques. The independent variable in this research is cooperative learning of think-pair-share model, while the dependent variable is student's mathematical communication ability. The data analysis technique used is test-t to see whether there is or not the difference and test of improvement N-Gain to see the improvement of students' mathematical communication ability. Based on the results of the analysis obtained the research results that there are differences in the ability of mathematical communication between students who use cooperative learning model think-pair-share (experiment class) with students using conventional learning (control class). This can be seen from the value of t0 obtained is 2.085 greater than the value of ttable is 1.99. Supported by the average grade obtained by experimental class that is 66,375 higher than the average value of control class is 53,875. Cooperative learning of think-pair-share model can also improve students' mathematical communication ability which is seen based on analysis result with N-Gain improvement test ie experimental class using cooperative learning with Think-Pair-Share model has increased by 0.607 higher than the increase obtained Control class is 0.432.
PENGGUNAAN STRATEGI MENCARI JAWABAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 030 PULAU PERMAI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR Adityawarman Hidayat
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.695 KB) | DOI: 10.31004/cendekia.v1i1.11

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SDN 030 Pulau Permai Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar dengan penggunaan strategi mencari jawaban. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 030 Pulau Permai Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar 2014/2015. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan penggunaan strategi mencari jawaban. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pelaksanaan pembelajaran dan tes ulangan harian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan strategi mencari jawaban dapat meningkatkan hasil belajar matematika, Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 60% dengan kategori cukup. Dan rata-rata siklus II yaitu 95% dengan kategori sangat baik. Ketuntasan hasil belajar menjadi 19 orang yang mencapai KKM
Mengembangkan Kemampuan Analogi Matematis Memen Permata Azmi
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (694.132 KB) | DOI: 10.31004/cendekia.v1i1.12

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian literatur dengan objek penelitian yaitu kemampuan analogi matematis siswa dalam memahami dan meyelesaikan masalah matematika. Adapun yang menjadi fokus kajian literatur ini yaitu: (1) mendeskripsikan pengertian analogi (2) menggali proses bernalar menggunakan analogi, (3) menyusun permasalahan yang mengedepankan kemampuan analogi dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan ketiga fokus tersebut dihasilkan profil analogi yang akan memberikan gambaran mengenai proses berpikir analogi. Gambaran ini dapat dijadikan panduan pendidik dalam mengembangkan kemampuan analogi matematis siswa, Selain itu, gambaran mengenai kemampuan analogi matematis juga bisa dijadikan dasar berpijak untuk melakukan penelitian secara empiris menggunakan berbagai model dan pendekatan pembelajaran yang dapat memaksimalkan kemampuan analogi matematis siswa.
PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER IIA PGSD MATAKULIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA SD KELAS RENDAH Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/cendekia.v1i1.13

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada matakuliah pendidikan matematika kelas rendah dengan menggunakan metode mind mapping. Hipotesis tindakan penelitian adalah jika digunakan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa semester II pada matakuliah pendidikan matematika SD kelas rendah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Design penelitian ini berdasarkan Kemmis and Taggart dengan menggunakan spiral sistem. Setiap siklusterdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 70.97% dan peningkatan pada siklus II berubah menjadi 90,32%. Berdasarkan hasil analisis observasi terdapat peningkatan dalam proses pembelajaran yaitu dari 80% descriptor yang terlaksana menjadi 95% descriptor yang terlaksana. Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa dengan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah pendidikan matematika kelas rendah.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH ALJABAR LINEAR BERBANTUAN MATLAB Zulhendri Zulhendri
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.718 KB) | DOI: 10.31004/cendekia.v1i1.14

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini antara lain sebagian besar mahasiswa memperoleh hasil belajar yang rendah pada mata kuliah aljabar linear. Rendahnya hasil belajar ini dimungkinkan karena pada perkuliahan aljabar linear, mahasiswa banyak menghadapi soal-soal yang berkenaan dengan sistem persamaan linear, Matrik dan Determinan. Dalam menyelesaikan soal-soal aljabar linear membutuhkan penjabaran dan uraian yang sangat panjang, Sedangkan materi yang akan dipelajari banyak, misalnya untuk mencari himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dengan menggunakan eliminasi gauss membutuhkan waktu yang banyak dan ketelitian. Ketelitian, keterampilan dan ketepatan dalam berfikir sangat diperlukan saat mempelajari mata kuliah aljabar linear.oleh karena itu mahasiswa dituntut memiliki ketelitian, keterampilan dan ketepatan dalam memahami masalah, membuat model matematika dan menyelesaikan sesuai dengan apa yang ditanyakan
ANALISIS PROBLEMATIKA PERKULIAHAN ANALISIS REAL Molly Wahyuni
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.983 KB) | DOI: 10.31004/cendekia.v1i1.15

Abstract

Artikel ini disusun bertujuan untuk menyajikan berbagai permasalahan yang terjadi pada perkuliahan analisis real pada umumnya yang dialami oleh mahasiswa program sarjana matematika dan sarjana pendidikan matematika. Mata kuliah Analisis Real bertujuan untuk mendidik peserta kuliah agar: a) memiliki pengetahuan dasar analisis matematika, khususnya tentang bilangan, barisan, fungsi, limit, dan turunan, b) mampu bernalar secara logis dan mengekspresikan hasil pernalarannya secara tertulis, sistematis dan rigorous. Analisis real merupakan salah satu mata kuliah yang sering dianggap oleh mahasiswa yang kuliah pada program studi matematika dan pendidikan matematika. Pada makalah ini, penulis memaparkan berbagai alternatif solusi yang disarankan dapat dilakukan untuk membantu mahasiswa dalam menghadapi perkuliahan analisis real. Upaya perbaikan kualitas juga dapat dilakukan oleh dosen diantaranya dengan melakukan sejumlah intervensi, menerapkan Lesson Study, menerapkan pendekatan RME, pengembangan buku teks analisis real

Page 1 of 82 | Total Record : 820