Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Identifikasi Kesalahan Siswa SMA dalam Membuat Pemodelan Matematika dan Penyebabnya

Rosdati Amira Bahir (Universitas Kristen Satya Wacana)
Helti Lygia Mampouw (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)



Article Info

Publish Date
05 May 2020

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa SMA dalam membuat pemodelan matematika dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan tersebut. Subjek terdiri 9 siswa SMA Negeri 1 Tuntang yang diperoleh dengan teknik snowball. Data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa dalam membuat pemodelan matematika yaitu siswa tidak mengidentifikasi variabel-variabel pada soal sehingga tidak memeiliki jabaran variabel untuk menjadi model matematika, siswa tidak membuat asumsi tentang model matematika yang akan dibentuk menjadi persamaan matematika, serta siswa salah dalam membentuk dan menyelesaikan persamaan matematika. Kesalahan tersebut disebabkan oleh faktor internal yakni siswa tidak mengetahui tentang pemodelan matematika dan pentingnya pemodelan matematika untuk menyelesaikan soal cerita, kurang latihan mengerjakan soal-soal cerita, menggunakan cara nalar atau insting sendiri dalam menyelesaikan soal cerita dan faktor eksternal yakni tingkat kesulitan soal yang diberikan dan kurangnya sarana prasarana seperti buku sumber ataupun sumber lainnya

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...