Penelitian dengan metode deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui upaya guru dalam memperbaiki kualitas pendidikan dan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variable. Penilitian ini pun perlu dilakukan guna untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap matematika khususnya materi SPLDV. Dalam penelitian ini yang dijadikan subjek adalah siswa kelas VIII SMP Karya Pembangunan 2 Cipongkor, dengan jumlah keseluruhan siswa sebanyak 12 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Peneliti menganalisis tiga kesulitan yang diamati, diantaranya yaitu kesulitan siswa dalam menuliskan simbol matematika pada bentuk soal cerita, kesulitan siswa dalam proses pengoprasikan, dan kesulitan siswa dalam menganalisis soal. Sumber data didapat dari hasil wawancara, pengamatan (observasi), tes tulis, dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai yaitu data collecting (pengumpulan data), data reducing (data reduksi), data display (penyajian data), dan menarik kesimpulan
Copyrights © 2020