JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan)
Vol 3, No 2 (2020): JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan)

Hubungan Karakteristik Sosiodemografi dengan Status Gizi Siswa Sekolah Dasar

Tiffany Konstantin (Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga)
Indah Setyawati Tantular (Departemen Parasitologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga)
Alpha Fardah Athiyyah (Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Rumah Sakit Umum Dr. Soetomo)
Lynda Rossyanti (Departemen Parasitologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2020

Abstract

AbstrakStatus gizi adalah kondisi fisiologis tubuh terkait konsumsi makanan dan penggunaan zat gizi oleh tubuh. Hingga sekarang, masalah gizi masih umum terjadi terutama di negara berkembang. Status gizi pada siswa sekolah dasar penting karena dapat mempengaruhi kognitif dan capaian pembelajaran siswa. Salah satu akar masalah gizi adalah kemiskinan yang terkait dengan sosiodemografi yang meliputi status sosial dan ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan karakteristik sosiodemografi dan status gizi siswa sekolah dasar di Desa Wokam dan Desa Karangguli, Kabupaten Kepualaun Aru, Maluku. Penelitian ini menggunakan rancangan cross-sectional dan jenis penelitian ini adalah analitik observasional. Penilaian status gizi menggunakan grafik berat badan terhadap tinggi badan dengan kriteria Waterlow. Data mengenai sosiodemografi dikumpulkan dengan wawancara. Hubungan antara karakteristik sosiodemografi dan status gizi dinilai dengan uji statistik chi-square. Dari 106 sampel, 73 siswa (68,9%) memiliki status gizi normal dan 33 siswa (31,1%) memiliki status gizi kurang. Uji statistik tidak menunjukkan hubungan yang signifikan antara karakteristik sosiodemografi dan status gizi di Desa Wokam dan Karangguli, Kabupaten Kepulauan Aru. Kata kunci  : hubungan, siswa sekolah dasar, sosiodemografi, status gizi AbstractNutritional status is a physiological condition of the body related to food consumption and requirements of the body. Until now, malnutrition is a common problem in developing countries. Nutritional status in school age children is important because it can affect cognitive ability and student achievement. One of the root problems of malnutrition is poverty which is related to sociodemographic including social and economic status. The purpose of this study is to analyze the correlation between sociodemographic characteristics and nutritional status in elementary school children in Wokam and Karangguli Village, Aru Islands Regency, Maluku. This study used cross-sectional study design and the type of this study is analytical observational. Nutritional status was assessed using weight to stature growth chart with Waterlow criteria. Data about sociodemographic were collected by interview. Correlation between sociodemographic characteristics and nutritional status were analyzed using chi-square test. From 106 samples, 73 students (68,9%) have normal nutritional status and 33 students (31,1%) were wasted. No significant correlation was found between sociodemographic characteristics and nutritional status in Wokam and Karangguli Village, Aru Islands Regency. Keywords:     correlation, elementary school students, nutritional status, sociodemographic

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jikes

Publisher

Subject

Public Health

Description

JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan): jurnal hasil penelitian di bidang kesehatan JI-KES diterbitkan oleh LPPM Stikes Hafshawaty Zainul Hasan yang terbit sejak bulan Agustus 2017. JI-KES terbit secara berkala dua kali setahun. JI-KES berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dalam bidang ...