Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik
Vol 11, No 3 (2008)

Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik: Strategi Inovasi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan

Riyadi Riyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2020

Abstract

Pada dasarnya apa yang menjadi tugas dan fungsi pemerintahan dalam suatu negara akan mengkerucut pada dua hal penting yang memiliki karakteristik pelayanan, yakni: menyelenggarakan dan menyediakan jasa pelayanan publik (public service) dan menyediakan barang-barang publik (public goods). Untuk mengatasi kelemahan yang telah menjadi fenomena umum dalam pelaksanaan pelayanan publik di Indonesia, maka diperlukan upaya-upaya serius dan sungguh-sungguh untuk mengatasinya. Dalam hal pelayanan, pemerintah tidak hanya perlu membangun dan mengembangkan berbagai aturan, sistem, dan institusi-institusi pelayanan semata, tetapi juga harus membangun suatu pengelolaan keluhan atau pengaduan yang muncul dari masyarakat (customers) terhadap masalah pelayanan publik. Penyelesaian masalah pengaduan masyarakat, sebenarnya bukan hanya sebatas bagaimana menyelesaikan permasalahan yang diadukan, tetapi perlu menjadikan hasil pengaduan tersebut sebagai sumber informasi yang sangat berharga bagi organisasi untuk mengetahui kelemahan atau kekurangannya, sehingga dimungkinkan untuk dijadikan bahan evaluasi guna meningkatkan dan mengembangkan organisasi secara efektif.

Copyrights © 2008






Journal Info

Abbrev

jwk

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Wacana Kinerja (JWK) is a scientific journal issued by Center of Research and Training for Apparatus Area 1 – NIPA (Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur I Lembaga Administrasi Negara) located in Bandung. JWK is published regularly twice a year in June and November. This ...