Jurnal PTK dan Pendidikan
Vol 5, No 1 (2019): JANUARI - JUNI

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSEP REDOKS DAN ELEKTROLISIS DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XII MIPA 1 SMAN 12 BANJARMASIN

Saidah, Saidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dengan model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran Kimia melalui kegiatan laboratorium pada Konsep Redoks dan Elektrolisis dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar kelas XII MIPA 1 pada SMAN 12 Banjarmasin tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah Peneltian Tindakan Kelas dengan jumlah siswa 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar aktivitas siswa. Hasil Penelitian pada siklus I yang paling banyak adalah beraktivitas baik yakni 23 siswa (60,53%), sedangkan aktivitas siswa cukup sebanyak 15 siswa (39,47%) sedangkan pada siklus II aktivitas siswa yang paling banyak adalah berkativitas baik sekali yakni 30 siswa (78,95%), sedangkan aktivitas siswa baik sebanyak 8 siswa (21,05%). Hasil belajar siswa Siklus I siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa (44,74%) sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 21 siswa (55,26%). Siklus II siswa yang tuntas sebanyak 34 siswa (89,47%) sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa (10,53%). Perubahan ketuntasan siswa pada siklus I ke II dengan tingkatan sebesar 44,73%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ptkpend

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PTK dan Pendidikan is educational journal containing classroom action research and current issues of educational research. This journal publish article biannually on June and December. This is open access journal and free charge of publication. This journal published by Teacher and Training ...