Perawatan orthodonti memerlukan waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikannnya, kunjungan rutin harus ditaati. Keberhasilan perawatan orthodonti memerlukan motivasi yang tinggi dalam perawatan. Kegagalan untuk mentaati jadwal seringkali merupakan indikasi dari kurangnya kepatuhan di pihak pasien. Berbagai cara dapat dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan kontrol, salah satunya adalah pasien dimotivasi dengan baik agar mengerti dan menghargai perlunya jadwal kunjungan yang teratur. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya hubungan motivasi pasien dengan kepatuhan kontrol orthodonti cekat di Yogyakarta.Penelitian ini adalah survey analitik dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling Jenis dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan data primer diambil dari hasil kuesioner dan data sekunder diambil secara langsung pada rekam medik. Populasi penelitian ini adalah pasien orthodonti cekat di klinik Yogyakarta. Analisis data menggunakan Korelasi Kendalls Tau. Motivasi pasien orthodonti cekat diketahui sebanyak 92,3% masuk dalam kategori motivasi tinggi. Kepatuhan kontrol pasien orthodonti cekat diketahui sebanyak 63,5% adalah pasien yang patuh kontrol. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara motivasi pasien dengan kepatuhan kontrol orthodonti cekat (p=0.007). Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi pasien dengan kepatuhan kontrol orthodonti cekat.
Copyrights © 2019