JURNAL PANGAN
Vol 28, No 3 (2019): PANGAN

FAKTOR DETERMINAN EFISIENSI DAN INEFISIENSI TEKNIS USAHATANI KEDELAI LOKAL DI KABUPATEN GROBOGAN, JAWA TENGAH (DETERMINANT FACTORS OF TECHNICAL EFFICIENCY AND INEFFICIENCY OF LOCAL SOYBEAN FARMING IN GROBOGAN REGENCY, CENTRAL JAVA)

chanifah, Chanifah (Unknown)
Darwanto, Dwidjono Hadi (Unknown)
Triastono, Joko (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2020

Abstract

AbstrakKabupaten Grobogan sebagai salah satu sentra produksi kedelai nasional dituntut untuk meningkatkan produksi dan produktivitas kedelai nasional. Upaya yang dilakukan yaitu dengan meningkatkan kinerja usahatani kedelai melalui peningkatan efisiensi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efisiensi teknis usahatani kedelai serta faktor-faktor determinan yang mempengaruhi efisiensi  dan sumber-sumber inefisiensi. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Pulokulon dan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Data primer diperoleh melalui metode survey terhadap 60 responden pada bulan April 2019. Data primer yang digali adalah data usahatani kedelai pada Musim Tanam (MT) I Tahun 2018-2019. Data dianalisis menggunakan Frontier 4.1 sehingga diperoleh fungsi produksi stochastic frontier.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata efisiensi teknis usahatani kedelai relatif tinggi yaitu mencapai 0,81. faktor determinasi yang mempengaruhi efisiensi teknis adalah luas lahan, jumlah benih, jumlah tenaga kerja luar keluarga, pestisida, dummy varietas dan dummy lokasi kecamatan. Sumber-sumber inefisiensi teknis berasal dari umur petani, pengalaman usahatani dan intensitas pendidikan non formal/penyuluhan. Semakin lama pengalaman petani dan semakin banyak intensitas penyuluhan yang diikuti petani maka akan semakin menurunkan inefisiensi teknis. Efisiensi teknis dapat ditingkatkan dengan memaksimalkan sumberdaya yang tersedia dengan teknologi yang sudah ada, serta meminimalisir sumber-sumber inefisiensi. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pangan

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Social Sciences

Description

PANGAN merupakan sebuah jurnal ilmiah yang dipublikasikan oleh Pusat Riset dan Perencanaan Strategis Perum BULOG, terbit secara berkala tiga kali dalam setahun pada bulan April, Agustus, dan ...