CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal)
Vol 11, No 2 (2019): CSRID JUNI 2019

Perancangan Aplikasi E-Discussion Pada SMA Negeri 1 Banuhampu

Mayati, Sri (Prodi Pendidikan Tenik Informatika dan Komputer IAIN BUKITTINGGI Jl. Gurun Aua, Kubang Putiah, Aur Birugo Tigo Baleh, Bukittinggi, Indonesia 26181)
Supriadi, Supriadi (Prodi Pendidikan Tenik Informatika dan Komputer IAIN BUKITTINGGI Jl. Gurun Aua, Kubang Putiah, Aur Birugo Tigo Baleh, Bukittinggi, Indonesia 26181)
Khomaruddin, Agus Nur (Prodi Pendidikan Tenik Informatika dan Komputer IAIN BUKITTINGGI Jl. Gurun Aua, Kubang Putiah, Aur Birugo Tigo Baleh, Bukittinggi, Indonesia 26181)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2021

Abstract

Penelitian yang penulis lakukan ini dilatar belakangi oleh, dimana saat ini teknologi sangat berpengaruh untuk penunjang proses pembelajaran, sebagian besar siswa sudah sudah memiliki smarphone, tetapi dipergunakan untuk bermain game online dan sosial media yang tidak mendukung pada proses pembelajaran. Keterbatasan ruang dan waktu dalam proses belajar mengajar di sekolah, Kebiasaan siswa belajar kebut satu malam membuat siswa takut mengadapi UN, biasanya peserta didik sangat membutuhkan pendampingan secra khusus, dorongan kebutuhan itu terjadi tidak menentu, tidak terjadwal. Cara mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi diskusi secara online di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan aplikasi e-discussionyang tervalidasi dan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya.Penelitian ini merupakan Research and Development dengan lima tahapan (ADDIE) yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Pada tahap development model pengembangan Waterfall yang terdiri dari lima tahap yaitu, Definisi persyaratan, Perancangan sistem dan perangkat lunak, Implementasi dan pengujian unit, Integrasi dan pengujian sistem, Operasi dan pemeliharaan. Uji produk yang digunakan yaitu Uji Validitas, Uji Praktikalitas, Uji Efektifitas.Hasil dari penelitian perancangan aplikasi e-discussion untuk digunakan digunakan oleh guru/admin dan siswa/user sebagai wadah/tempat untuk pemanfaatan ruang dan waktu. Sedangkan uji  validitas dari 4 orang expert diperoleh nila 0,91 yang dinyatakan sangat valid (berdasar perhitungan validitaas dengan formula aiken’s), sedangkan untuk uji praktikalitas dari 20 orang praktisi diperoleh nilai 91.2  yang dinyatakan sangat praktis, dan untuk uji efektifitas dari 21 orang siswa diperoleh nilai  0.95 kategori sangat tinggi yang dinyatakan sangat efektif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

CSRID

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Potensi Utama bekerjasama dengan Assosiasi profesi bidang ilmu komputer, Indonesian Computer Electronics and Instrumentation Support Society (IndoCEISS) dan CORIS (Cooperation ...