JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia)
Vol 1, No 1 (2016): JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia)

PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL DAN GAYA BELAJAR

Soebiyanto Soebiyanto (Program Studi Magister Pendidikan Sains, FKIP, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami No. 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126)
Mohammad Masykuri (Program Studi Magister Pendidikan Sains, FKIP, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami No. 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126)
ashadi ashadi (Program Studi Magister Pendidikan Sains, FKIP, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami No. 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT), kemampuan awal, gaya belajar dan interaksinya terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi adalah mahasiswa D-3 dan D-4 jurusan analis kesehatan tahun akademik 2012/2013 Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Setia Budi Surakarta. Sampel diperoleh melalui random sampling. Eksperimen dilakukan pada mahasiswa D-3 jurusan Analis Kesehatan menggunakan model STAD, mahasiswa D-4 jurusan Analis Kesehatan menggunakan model TGT, dan campuran kelas D-3 dan D-4 jurusan Analis Kesehatan sebagai kelas uji coba dengan identifikasi dan penyimpanan bahan kimia. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji Kruskal-Wallis dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, (1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan model STAD dan TGT terhadap nilai kognitif (sig.=0,000),tetapi tidak pada nilai afektif (sg.=0,103), (2) ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan awal dengan nilai belajar mahasiswa, (3) ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap nilai belajar kognitif (sig.=0,017), tetapi tidak pada nilai afektif mahasiswa (sig.=0,795), (4) ada interaksi yang signifikan antara penggunaan model STAD dan TGT dengan kemampuan awal terhadap nilai belajar mahasiswa, (5) ada interaksi yang signifikan antara penggunaan model STAD dan TGT dengan kemampuan awal terhadap nilai belajar mahasiswa, (6) ada interaksi yang signifikan antara kemampuan awal dengan gaya belajar terhadap nilai belajar kognitif (sig.=0,000) tetapi tidak pada nilai afektif mahasiswa (0,057), (7) ada interaksi yang signifikan antara penggunaan model STAD dan TGT dengan kemampuan awal dan gaya belajar terhadap nilai belajar mahasiswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jkpk

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry

Description

The JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia) is a national journal, published three times a year in April, August, and December, containing research articles on Chemistry and Chemistry ...