Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 10, No 2 (2019)

Analisis Peran Kepala Sekolah dalam Menerapkan Kedisiplinan Guru di MI Ma’arif Garongan Kulonprogo

Sukati Sukati (Departement of Education, Faculty of Agama Islam, Alma Ata University)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kedisiplinan guru datang kantor tidak sesuai jam kantor, masih maraknya kelas kosong disaat jam pelajaran, kedisiplinan menjadi titik permasalahannya. Kedisiplinan seorang  guru sangat mempengaruhi kedisiplinan siswa, jika kedisiplinan guru baik akan berdampak positif pada siswa begitupun sebaliknya. Disamping itu ada sosok figur yang menjadi panutan atau pemimpin yang berperan penting dalam dunia sekolah yaitu kepala sekolah. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dalam menerapkan kedisiplinan guru di sekolah MI Ma’arif Garongan, Kulonprogo Yogyakarta. Dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam menerapkan kedisiplinan guru di MI Ma’arif Garongan  Kulonprogo Yogyakarta.Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Anaisis Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran Kepala sekolah dalam menerapkan kedisiplinan guru di MI Ma’arif Garongan  Kulonprogo Yogyakarta. adalah: Kepala sekolah berperan sebagai pelaksana, perencana, seorang ahli, pelindung, Pemegang tanggung jawab, sebagai pencipta, dan sebagai wasit. 2) faktor penghambat serta solusi kepala sekolah dalam menerapkan kedisiplinan guru di MI Ma’arif Garongan  Kulonprogo Yogyakarta adalah  faktor keadaan keluarga, keadaan sekolah, keadaan masyarakat. sedangkan solusi kepala sekolah dalam menerapkan kedisiplinan guru di MI Ma’arif Garongan adalah melakukan musyawarah bersama untuk mencari jalan keluar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

LITERASI

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and scope; Educational curriculum studies Subject matter studies Instructional media and educational aid Instructional methods and strategies Techer competence Psyco-socioanthropology studies Educational system managemant Educational character, gender and ...