SAP (Susunan Artikel Pendidikan)
Vol 4, No 3 (2020)

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Number Sense Siswa

Nourma Pramestie Wulandari (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Mataram)
Anis Suraida Safitri (MA Al Mahrusiyah)
Ratih Ayu Apsari (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Mataram)
Junaidi Junaidi (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Mataram)
Ulfa Lu’luilmaknun (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2020

Abstract

Number sense merupakan suatu rasa intuitif seseorang untuk dapat menaksir bilangan, mampu mendeteksi kesalahan dalam suatu perhitungan, dan teliti dalam menghitung. Number sense yang baik diperlukan sebagai faktor penunjang aktivitas sehari-hari. Number sense tidak hanya dalam mengenal tetapi juga terampil dalam berhitung. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa siswa belum peka terhadap keteraturan bilangan beserta operasinya, sehingga komponen number sense  tentang pemahaman dan keterampilan mengenai bilangan juga kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan kontekstual pada materi bilangan untuk meningkatkan kemampuan number sense yang valid. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) ini ditujukan kepada siswa SMP Kelas VII. Pengembangan LKS ini dilakukan berdasarkan pada model Plomp (preliminary research, prototyping phase, and assessment phase). Kualitas produk yang dikembangkan mengacu pada bukti validitas isi. Validator terdiri dari 2 dosen Pendidikan Matematika. Bukti validitas LKS menunjukkan skor sebesar 3,395 dengan kategori valid dan tidak perlu direvisi. Namun untuk lebih menyempurnakan produk, revisi tetap dilakukan berdasarkan saran dan komentar validator. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa LKS layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi bilangan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SAP

Publisher

Subject

Education

Description

SAP (Susunan Artike Pendidikan) Jurnal ilmiah bidang ilmu pendidikan (ISSN 2549-2845 for electronic version and ISSN 2527-967X for print version) First published in Agustus 2016 is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...