SAP (Susunan Artikel Pendidikan)
Vol 4, No 1 (2019)

Menulis Teks Berbentuk Procedure Melalui Model Pembelajaran Make a Match

Sarilila Utama (SMPN 10 DEPOK)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran menulis teks berbentuk procedure dengan model pembelajaran  Make a match  di kelas VIII SMPN 10 Depok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A pada semester 1. Objek penelitian adalah perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan proses penilaian dalam pembelajaran menulis teks prosedur dengan model pembelajaran make a match . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan pembelajaran dengan model pembelajaran make a match  yang telah direncanakan oleh guru telah memenuhi standar pelaksanaan yang ditentukan. Keberhasilan perencanaan pembelajaran dapat diperhatikan dari terpenuhinya keseluruhan sintak atau prosedur standar penyusunan langkah persiapan/perencanaan pembelajaran dengan model pembelajaran make a match . (2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan siswa, guru dapat dikategorikan berhasil menerapkan model tersebut untuk menulis teks  berbentuk procedure. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran dengan model make a match  learning dapat diperhatikan dengan membandingkan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan guru sebagaimana kegiatan pembelajaran dengan sintak pembelajaran. (3) Guru telah mampu menerapkan proses penilaian model pembelajaran make a match dalam menulis teks berbentuk procedure secara baik dan sesuai dengan sintak yang sudah ditetapkan dan mampu memenuhi kriteria penilaian yang dicantumkan di dalam RPP yang disusun sebelumnya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

SAP

Publisher

Subject

Education

Description

SAP (Susunan Artike Pendidikan) Jurnal ilmiah bidang ilmu pendidikan (ISSN 2549-2845 for electronic version and ISSN 2527-967X for print version) First published in Agustus 2016 is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...