SAP (Susunan Artikel Pendidikan)
Vol 4, No 3 (2020)

Hubungan pemahaman Konsep Ikatan Kimia dengan Hasil Belajar Kimia Siswa pada Materi Larutan Elektrolit

Nadila Islamika (Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Universitas Mulawarman)
Nurlaili Nurlaili (Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Universitas Mulawarman)
Pintaka Kusumaningtyas (Program Studi Magister Pendidikan Kimia, Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan signifikan antara pemahaman konsep ikatan kimia dengan hasil belajar kimia siswa pada materi larutan elektrolit. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAS Nabil Husein Samarinda tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa, yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, yaitu tes pemahaman konsep siswa dan tes evaluasi hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji linier regresi, uji korelasi product moment pearson dan uji hipotesis berupa uji t. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa ada hubungan signifikan antara pemahaman konsep ikatan kimia siswa dengan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit, yang ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,410 dengan interpretasi koefisien korelasi sedang dan nilai signifikansi uji t (0,009 < 0,05).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SAP

Publisher

Subject

Education

Description

SAP (Susunan Artike Pendidikan) Jurnal ilmiah bidang ilmu pendidikan (ISSN 2549-2845 for electronic version and ISSN 2527-967X for print version) First published in Agustus 2016 is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...