Tulisan ini bertujuan mengelaborasi upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia era Joko Widodo untuk mencapai pemenuhan target Sustainable Development Goals di bidang pendidikan, khususnya di Kecamatan Sekayam. Kondisi pendidikan yang belum merata di Indonesia meskipun secara kuantitas pencapaian Millenium Development Goals sudah memenuhi target. Kecamatan Sekayam sebagai daerah yang masuk di kawasan perbatasan menjadi rentan karena terdapat godaan-godaan untuk terus menikmati pelayanan sosial dan ekonomi dari negara tetangga. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif yang menggunakan analisis konsep pembangunan dalam studi Hubungan Internasional dan human security. Temuan penelitian menunjukkan bahwa negara sudah berupaya hadir memenuhi kebutuhan masyarakat atas pendidikan. Diibuktikan dengan upaya pemerintah pusat dan daerah dalam meningkatkan kualitas pembangunan pendidikan. Tetapi, faktor kordinasi lintas instansi masih menjadi momok yang perlu ditanggulangi. Kebutuhan akan kualitas SDM yang baik melalui pendidikan akan sangat bermanfaat bagi kualitas pembangunan Indonesia menuju Agenda SDGs 2030.
Copyrights © 2019