Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)

ANALISIS PROSES BERPIKIR MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH APLIKASI TURUNAN

Arlin Astriyani (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam memecahkan masalah  tergantung dari jenis kecerdasan yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses berpikir matematis peserta didik menyelesaikan  masalah aplikasi turunan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri satu orang peserta didik yang dengan rerata hasil belajar paling tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir proses berpikir matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah aplikasi turunan menggunakan beberapa tahap penyelesaian berupa : (1) menggaris bawahi apa yang diketahui dalam soal cerita, (2) menghubungkan apa yang diketahui dalam soal dengan apa yang ditanyakan, (3) Mengolah informasi yang diperoleh dari soal, sehingga akan lebih mudah dalam menyelesaikan masalah aplikasi turunan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

surya

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN SURYA EDUKASI (JPSE) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Desember dan Juni. ...