COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 3, No 2 (2020)

PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KOTAK DAN KARTU MISTERIUS (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V

Yuliani, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan media permainan Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) dengan siswa yang tidak menggunakan media permainan KOKAMI/ pembelajaran konvemsional.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan dua kelompok siswa yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 76 siswa. 39 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan 37 siswa sebagai kelompok kontrol yaitu kelompok yang tanpa menggunakan KOKAMI. Instrument yang digunakan angket dan pedoman observasi. Pengumpulan data dilakukan melalui angket awal dan akhir pembelajaran serta pengamatan langsung sebelum dan saat pembelajaran . Analisis data dengan menggunakan uji – t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan motivasi siswa yang menggunakan media permainan Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) dengan siswa yang tidak menggunakan media permainan KOKAMI, ditunjukkan dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung angket 6,54; t hitung observasi 3,96 dan t tabel 1,99. t hitung lebih besar dari t tabel sehingga Ho dalam penelitian ditolak dan Ha diterima, dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan skor motivasi belajar siswa yang menggunakan media permainan KOKAMI dengan motivasi siswa yang tanpa menggunakan KOKAMI dalam pembelajaran matematika

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...