PSYCHE 165
Vol 13 No 1 (2020): Psyche 165 Journal

MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI IKLIM KELAS PADA SISWA/SISWI JURUSAN IPS

Wiliem, Cindy (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim kelas dan motivasi belajar. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah bahwa ada hubungan positif antara iklim kelas dan motivasi belajar, dengan asumsi iklim kelas yang lebih kondusif dirasakan oleh siswa, semakin tinggi motivasi belajar siswa dan sebaliknya. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa/i SMA di Methodist 2 dengan jurusan IPS sebanyak 182 orang yang dipilih dengan metode disproportionate stratified random sampling. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan korelasi Product Moment melalui SPSS 17 untuk Windows. Hasil analisis data menunjukkan r = 0,575 dan p = 0,000 (p <0,05) yang menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara iklim kelas dan motivasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi (R2) yang diberikan variabel iklim kelas terhadap motivasi belajar adalah 33,1 persen, sisanya 66,9 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ada hubungan positif antara iklim kelas dengan motivasi belajar, dapat diterima. Kata kunci: Iklim Kelas; Motivasi Belajar; Siswa

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PSIKOLOGI

Publisher

Subject

Physics Social Sciences

Description

Jurnal PSYCHE 165 adalah jurnal yang dipublikasi oleh Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Jurnal PSYCHE 165 terbit dua kali dalam jurnal yaitu januari dan juli. Jurnal PSYCHE 165 menerima dan mempelajari artikel-artikel dari hasil penelitian dan analisis di bidang ...