ETNOREFLIKA: Jurnal Sosial dan Budaya
Vol 8 No 3 (2019): Volume 8 Nomor 3, Oktober 2019

HAJI DAN PESTA (Studi Pengaruh Tren Busana Muslim terhadap Identitas Haji di Desa Mataiwoi Kecamatan Mowila Kabupaten Konawe Selatan)

Nurjannah Nurjannah (Unknown)
Wa Ode Sitti Hafsah (Jurusan Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Halu Oleo)
Ashmarita Ashmarita (Jurusan Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui trend busana Muslim di Desa Mataiwoi dan untuk mengetahui busana Muslim mengubah identitas Haji dalam pesta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah materialisme budaya dari Marvin Harris (1979). Metode penelitian yang digunakan adalah metode etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan (observation) dan wawancara mendalam (in-depth interview). Hasil penelitian menunjukkan bahwa trend busana muslim mampu mengubah identitas seorang haji. Identitas yang dimaksud disini adalah identitas busana haji yang kemudian ditinggal dengan beralih menggunakan busana muslim yang saat ini menjadi trend. Busana muslim ini juga merubah cara pandang masyarakat sekitar, dengan hilangnya identitas busana haji maka berubah pula perlakuan masyarakat sekitar terhadap haji.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

etnoreflika

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The ETNORELIKA journal is dedicated as a scientific periodical publication which is expected to be an arena for exchanging ideas and thoughts in the field of Anthropology in particular and the social sciences in general. Etnoreflika comes with a mission to build tradition and academic climate for ...