Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 2 No. 2 (2019): Volume 2 Nomor 2 Desember 2019

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMPRAFRASEKAN PUISI “AKU” BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Arozatulo Bawamenewi (IKIP Gunungsitoli)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2019

Abstract

Pengembangan bahan ajar memparafrasekan puisi “Aku” berdasarkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Berdasarkan hasil temuan penelitian dan hasil analisis maka penulis mengambil beberapa kesimpulan yaitu: (1). Berdarkan validasi produk ternyata modul menulis parafrase puisi “Aku”yang dikembangkan memenuhi syarat validitas artinya modul memprafrasekan puisi “Aku” yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar di SD Negeri No. 078467 Buhawa Hilimbowo; (2). Berdasarkan pengolahan data dari lembar observasi ternyata modul memprafrasekan puisi “Aku” yang dikembangkan memenuhi syarat praktikalitas artinya modul yang dikembangkan praktis jika digunakan sebagai bahan ajar di SD; dan (3). Berdasarkan pengolahan hasil belajar siswa ternyata modul memprafrasekan puisi “Aku” yang dikembangkan melalui syarat efektifitas, artinya modul memprafrasekan puisi “Aku” yang efektif jika digunakan sebagai bahan ajar di SD.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...