Lentera Acitya Journal Of Health
Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Kesehatan Lentera Acitya

PENGARUH GURU SEBAGAI ROLE MODEL TERHADAP MOTIVASI PENERAPAN PHBS SISWA DI SMP FRATER PAREPARE

Martinus Jimung (Akademi Keperawatan Fatima Parepare)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2019

Abstract

ABSTRAKGuru sebagai salah satu role model dalam penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) memiliki multi fungsi, tidak terbatas hanya ‎sebagai ‘pengajar’ yang melakukan transfer pengetahuan, tetapi juga bisa menjadikan dirinya sebagai role ‎model bagi siswa yang dapat menampilkan kepribadian yang mampu manjadi teladan bagi ‎siswa (Pakpahan, 2001). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendapatkan gambaran empiris tentang pengaruh ‎guru sebagai role model dengan motivasi penerapan PHBS siswa, (2) mengetahui motivasi belajar ‘meniru’ ‎penerapan PHBS siswa dan (3) menganalisis seberapa besar pengaruh hubungan antara guru sebagai role ‎model dengan motivasi penerapan PHBS siswa  dalam memelihara kesehatan lingkungan sekolah. Penelitian ‎ini merupakan studi deskriptif  dengan teknik pengambilan sampel stratified random sampling non test dari ‎populasi 61 siswa kelas III SMP Frater Parepare tahun ajaran 2018/2019 dengan sampel sebanyak 32 ‎responden di yang didapat dari rumus penentuan sampel menurut Winarno (1994:100). Pengambilan data ‎dilakukan dengan menggunakan metode angket. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan statistik ‎parametrik, yaitu uji hubungan dua variable yang mempunyai hubungan (V.Wiratna Sujarweni, 2014). Hasil ‎penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 25 siswa (78,1%) dari 32 reponden yang mengatakan bahwa guru ‎berpengaruh  sebagai role model dan yang tidak berpengaruh sebanyak 7 siswa (21,9%).  Hasil penelitian ‎motivasi menerapkan PHBS  siswa di SMP Frater karena belajar meniru keteladanan guru sebanyak 26 orang ‎‎(81,3%) dan tidak belajar meniru  sebanyak 6 orang (18,7%). Sedangkan hasil analisis statistik inferensial ‎dengan regresi terhadap pengaruh guru sebagai role model melalui pendekatan statistik parametric, maka ‎diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara guru sebagai role model terhadap ‎motivasi penerapan PHBS siswa di SMP Frater Parepare dengan nilai p = 0,001 untuk α = 0,05. Itu berati nilai  ‎R square adalah 0,001  adalah pengkuatdratan dari koefisien korelasi atau nilai R (0,032 x 0,032 = 0,001). R ‎square dapat disebut koefisien determinasi yang dalam hal ini berarti 0,01%, maka  motivasi meniru siswa ‎dipengaruhi oleh keteladanan Guru sebagai role model sebesar 0,01%, selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. ‎Kesimpulan bahwa pengaruh guru sebagai role model dan kesadaran meniru siswa terhadap motivasi ‎penerapan PHBS di SMP Frater  masih rendah. Saran dari peneliti adalah diperlukan suatu upaya keberanian ‎guru dalam menunjukkan keteladanan yang berkesinambungan terhadap penerapan PHBS di lingkungan ‎sekolah agar siswa kontinyu belajar meniru.‎ABSTRACTThe teachers as one of the role models in the application of Clean and Healthy Life Behavior (PHBS) has multiple functions, not only as ‘teachers’ who carry out knowledge transfer, but also make themselves as role models for students who can display a personality that can become a role models for students (Pakpahan, 2001). This study aims to: (1) get an empirical description  of the teachers as role models with motivation to apply students PHBS action, (2) knowing motivation to learn ’to imitate’ the application of students PHBS action, (3) to analyze how much the influence between teachers as role models with the motivation of applaying studen’t PHBS in maintaining the the health of the school environment. This research is a descriptive study with a non-test stratified random sampling technique from a population of 61 third grade junior high school students in Parepare 2018/2019  with the amont sample of 32 respondents obtained from Winarno’s (1994:100). Statistical approach wich is  a test of the relationships between two variables that have a relationship (V.Wiratna, 2014). The result of the study showed that as many as  25 students (78.1%) from  32 respondents said that the influential teacher as many as 7 students (21.9%). The results of research on motivation  to applay PHBS students in senior high school because learning to imitate the example of the teacher as many as 26 people (81.3%) and not learning to imitate as many as 6 people (18.7%). While the results of inter ferential statistical approach, then conclude that there is a significant influence between the teacher as a role model to motivate the application of  PHBS action in Frater Junior High School of  Parepare with a value p = 0.001 for α = 0.05. That means the value of  R square is 0.001 is strengthening of the correlation coefficient or R value (0.032 x 0.032 = 0.001). R square can be called the coefficient of determination which in this case means 0.01%, then the motivation to imitate students is influenced by the example of the teacher as a role model of  0.01%, the rest is influenced by other factors. The conclusion that the influence of the teacher as a role model and awareness of imitating students towards the motivation of the application of PHBS in the Middle School Brother is still low. Suggestions from researchers are needed an effort to courage the teacher in demonstrating a sustainable example of the application of PHBS in the school environment so that students continually learn to imitate.Keywords: Teachers as role models, Motivation for learning to imitate students and Application of PHBS at school.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

acitya

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Kesehatan “Lentera Acitya” merupakan media komunikasi dan informasi ilmiah bidang ilmu kesehatan yang diterbitkan oleh para dosen Akademi Keperawatan Fatima Parepare. “Lentera Acitya” merupakan hasil elaborasi berbagai pemikiran dan penelitian ilmiah yang dilakukan oleh para dosen ...