Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian
Vol 6, No 1 (2020): April 2020 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian

PERAN REMAJA DALAM PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERENCANA (Studi Kasus dalam Program PIK Remaja di RW 03 Desa Sukatani Kecamatan Pacet)

Mutia Lestari Noor (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Putra Indonesia Cianjur)
Astri Dwi Andriani (Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Putra Indonesia Dosen Tetap, Asisten Ahli)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk meneliti program pemerintah yaitu Program Kampung KB khususnya Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK R). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran remaja dalam program kampung KB, studi kasus dalam program PIK R di RW 03 Desa Sukatani Kecamatan Pacet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara dengan ketua kampung KB, ketua PIK R dan pembina PIK R. Pengamat langsung di RW 03 Desa Sukatani dan kegiatan remaja. Serta telaah dokumen di kantor DPPKBP3A dan pengecekan atau pembanding data tokoh pemuda, penanggungjawab kegiatan dan tokoh masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pemuda pada kegiatan di RW 03 Desa Sukatani sudah berjalan sebelum program kampung KB masuk, karena remaja berperan aktif di masyarakat sudah berjalan sebelum ada program tersebut. Manfaat yang didapat yaitu pembina program mengetahui kapan program bisa diterapkan, sehingga pembina bisa menyampaikan program pada kegiatan remaja yang sudah ada. Kata kunci : Program kampung KB, PIK Remaja, peran remaja, studi kasus.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JK

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal komunikasi Universitas Garut diterbitkan bermaksud untuk mengembangkan potensi khususnya bagi dosen ilmu komunikasi Universitas Garut dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang disajikan dalam bentuk tulisan jurnal online. Informasi ini, merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari ...