Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri
Vol 1 No 2 (2015): Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri (JTMI)

Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Kereta Api Eksekutif DAOP 8 Surabaya

Ananto Hayuning Rat (IBI STIKOM Surabaya)
ST Salmia L.A. (Program Studi Teknik Industri S-2, Pascasarjana, Institut Teknologi Nasional Malang)
Julianus Hutabarat (Program Studi Teknik Industri S-2, Pascasarjana, Institut Teknologi Nasional Malang)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis loyalitas konsumen pengguna kereta api eksekutif di DaerahOperasi 8 Surabaya. Kompetisi antar moda transportasi mengharuskan strategi pelayanan diupayakansebaik mungkin dengan melihat kebutuhan konsumen. Kualitas layanan, kepuasan dan kepercayaanmenjadi penentu dalam mengukur loyalitas. Penulis menggunakan Non Probability Sampling denganmembagikan kuesioner kepada 215 responden dari stasiun kedatanganGubeng Surabaya. Dengan modelStructural Equation Modelling dan Smart PLS, dapat diketahui diduga hipotesanya, dan dapat diketahuijalur yang paling efektif antar konstruk, serta variabel yang menjadi prioritas perhatian dari manajemenPT Kereta ApiDaop 8 Surabaya. Terdapat hasil yang menunjukkan bahwa kualitas layanan mempunyaipengaruh positif secara langsung terhadap kepuasan konsumen, juga mempunyai pengaruh positifterhadap kepercayaan dan loyalitas konsumen. Dengan kualitas layanan yang baik, maka akan terbentukkepuasan dan kepercayaan, sehingga dapat menghasilkan loyalitas konsumen.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jtmi

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri (JTMI), diterbitkan oleh Program Studi Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang, JTMI terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Redaksi menerima naskah makalah ilmiah yang erat hubunganya dengan bidang keilmuan ...