KOM & REALITAS SOSIAL
Vol 3, No 3 (2011): Oktober

Iklan Televisi Dan Kebudayaan Konsumen (Suatu Studi Pada Konsumen Mc Donalds Berdasarkan Pendekatan Kritis)

Rina Marlina (Universitas Bandar Lampung)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang gambaran iklan Mc Donalds di televisi dengan kebudayaan konsumen serta mengungkapkan berbagai bentuk kebudayaan konsumen. Penelitian ini dilakukan di perusahaan Mc Donalds yang berada di SUPER MARKET HERO kebun jeruk Jakarta barat selama tiga bulan. Diambilnya perusahaan Mc Donalds sebagai objek penelitian perusahaan Mc Donalds merupakan produk kapitalis yang tergolong global foods. Informasi meliputi sepuluh orang konsumen Mc Donalds dan tiga kelompok triangulasi. Tipe penelitian yang dipergunakan adalah dengan pendekatan kualitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan dua macam teori, teori kritikal dan semiotika, yang keduannya dipergunakan untuk menganalisis pesan iklan Mc Donalds di televisi dan kebudayaan konsumen. Hasil analisis data pada iklan Mc Donalds, sepuluh konsumen Mc Donald;s dan pada kelompok Triangulasi yang merupakan key informan pada penelitian ini, menunjukan bahwa dilihat dari unsur format pesannya iklan Mc Donalds menggunakan tiga macam format pertama format testimonials, yaitu penyajian pesan dengan mengandalkan kekutan utamanya pada public figure atau model. Proses penyajian pesan ini mempunyai kesamaan dengan hasil penemuan Kathleen Debevec, bahwa orang cenderung untuk melihat kualitas tersebut yang mengasosiasikan dengan orang tertentu yang dapat memperteguh keyakinan terhadap sesuatu. Indikasi yang sama juga di nyatakan oleh Willian F. Arens dan C. L Bowe bahwa orang yang paling mudah dipengaruhi oleh pendapat individu yang dihormati artinya individu yang dikenal luas dan citranya baik. kedua, unsur Straight Sell yang bertujuan untuk promosi dan mengharapkan pembelian yang secepatnya. Ketiga. unsur Musikal, bertujuan unutk menciptakan suatu citra produk. Jadi dengan demikian berdasarkan analisis data pada sepuluh konsumen, delapan di antaranya mengkonsumsi Mc Donalds karena terpaan Wan Mc Donalds di Televisi yang telah membuat masyarakat semakin konsumtif terhadap produk Mc Donalds indikasi ini sangat relevan dengan pernyataan dari Mead bahwa konsumen akan aktif dalam mengadopsi proses proses perubahan makna dalam masyarakat. Dengan demikian iklan Mc Donalds telah mencekoki konsumen dengan menayangkan para bintang orang profesional muda, anak-anak yang ceria, remaja dan orang dewasa, iklam Mc Donalds juga telah menuturkan kecemasan, kebahagiaan dan impian mereka, yang mungkin akan membeli produk Mc Donalds. berdasarkan analisis semiotika terhadap iklan Mc Donalds ditemukan proses Amerikanisasi dan reproduksi gaya hidup.

Copyrights © 2011