Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri
Vol 6 No 1 (2016): Inovatif Vol. 6 No. 1

PENGARUH SETTING FRONT FIXED PLATS XLX DENGAN SILINDER DAN TOTAL DRAFT TERHADAP KETIDAKRATAAN SLIVER DAN JUMLAH NEP/100 SQ”

Kiswandono Kiswandono (Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2016

Abstract

Benang merupakan olahan bahan baku serat yang dihasilkan melalui proses pemintalan. Benang yang berkualitas baik adalah benang yang memiliki jumlah nep dan ketidakrataan sliver yang rendah. Namun dari proses pemintalan, sering dihasilkan benang dengan jumlah nep dan ketidakrataan sliver yang tinggi yang disebabkan karena setting silinder dengan front fixed flats xlx dan total draft yang tidak tepat. Oleh karena itu, dilakukan analisa tentang pengaruh variasi setting front fixed flats xlx dengan silinder dan total draft terhadap jumlah nep /100 SQ” dan ketidakrataan sliver pada mesin carding, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sliver yang dihasilkan dari mesin carding. Untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh yang ditimbulkan oleh perubahan setting tersebut, peneliti menggunakan metode eksperimental dan diuji menggunakan analisa of variance. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa variasi setting front fixed flats xlx pada mesin carding berpengaruh terhadap jumlah nep/100 SQ” dan ketidakrataan sliver, dengan jumlah nep/100 SQ” yang paling rendah yaitu sebesar 1,055 terjadi dengan setting front fixed flats xlx dengan silinder 0,1 mm dan total draft 109, dan ketidakrataan sliver yang paling rendah yaitu sebesar 3,865 terjadi dengan setting front fixed flats xlx dengan silinder 0,1 mm dan total draft 109.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

industri

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Terbit dua kali dalam setahun pada bulan Maret dan September. Berisi gagasan, konseptual, kajian teori, aplikasi teori dan kajian buku Teknik Industri. Makalah yang masuk ditelaah oleh mitra bestari yang kompeten di bidang teknik dan manajemen ...