Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Vol 3, No 2 (2019)

KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI IPA SD BERBASIS LITERASI SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV

Wulandari, Mey Prihandani (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media video animasi IPA SD berbasis literasi sains terhadap hasil belajar siswa kelas IV. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain True Eksperimental Design, bentuk penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Design. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa SD Negeri 1 Jatilawang Kelas IV A dan Kelas IV B. Dimana Kelas IV B sebagai kelas eksperimen (menggunakan media video animasi berbasis literasi sains) dan kelas IV A sebagai kelas kontrol (menggunakan media konvensional), yang kemudian dilakukan pengukuran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video animasi berbasis literasi sains efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 1 Jatilawang. Berdasarkan uji hipotesis two-sample t-test, diperoleh p-Value = 0,126. Karena p-Value > ? = 0,05, maka H0 ditolak atau Ha diterima, artinya penggunaan media video animasi berbasis literasi sains efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 1 Jatilawang. Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan N-gain untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan, diperoleh gain kelas eksperimen = 0,512 dan gain kelas kontrol = 0,364, sehingga dapat dikatakan bahwa peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pancar

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar) is a journal comprising a collection or compilation of researches in the field of education either containing innovation research, development research, educational experiments, or Classroom Action Research (PTK) from elementary school level to ...