Jurnal Proaksi
Vol 6 No 2 (2019): Juni - Desember

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food and Beverages Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2016-2018)

Siti Nuraeni (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Imam Hadiwibowo (Universitas Muhammadiyah Cirebon)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2020

Abstract

Kebijakan hutang merupakan kebijakan yang diambil oleh pihak manajemen untuk memperoleh sumber pembiayaan yang diperuntukkan bagi aktivitas operasional perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial dan profitabilitas terhadap kebijakan hutang perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur sub sektor food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 12 perusahaan yang sesuai dengan kriteria. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ukuran perusahaan dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap kebijakan hutang secara parsial, profitabilitas berpengaruh terhadap kebijakan hutang secara parsial dan ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial dan profitabilitas berpengaruh terhadap kebijakan hutang secara simultan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Proaksi Jurnal Proaksi merupakan Jurnal Ekonomi yang diterbitkan oleh Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Cirebon, menerima artikel ilmiah berupa hasil penelitian dan literatur dalam kajian Akuntansi dan Manajemen. Penerbit : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas ...