Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1 (2020): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Pamotan

Dhiar Agnes Pramudita (Universitas PGRI Semarang)
Supandi Supandi (Universitas PGRI Semarang)
Muhammad Syaifuddin Zuhri (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar matematika pada materi pola bilangan disebabkan pembelajaran di sekolah masih menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian posttest only control designdi kelas VIII SMP N 3 Pamotan. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Samplingdengan sampel kelas VIII A sebagai kelas eksperimen I dikenai model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu prezi, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dikenai pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan soal, pretest untuk data awal dan posttest untuk hasil data akhir. Hasil penelitian menunjukan pada taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan 1) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)berbantuan prezi dan model pembelajaran konvensional, 2) hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL)berbantuan prezi lebih efektif dari model pembelajaran konvensional, 3) Kemampuan representasi matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)berbantuan prezi mencapai KKM, 4) terdapat pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)berbantuan prezi, 5) Terdapat pengaruh keaktifan siswa menggunakan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa, 6) Terdapatketuntasan secara klasikal maupun individual yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) berbantu prezidan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa. Dengan ditunjukkan persamaan regresinya pada kelas dengan model Problem Based Learning (PBL).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...