Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1 (2020): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Efektivitas Strategi Index Card Match Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP

Aulia Azkiyah (Universitas PGRI Semarang)
Sunandar Sunandar (Universitas PGRI Semarang)
Rizky Esti Utami (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran Index Card Matchberbantuan Macromedia Flash terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Semarang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, dokumentasi dan post-test. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t,  uji regresi linier sederhana, dan uji proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapat strategi pembelajaran Index Card Matchberbantuan Macromedia Flash, dengan kemampuan pemahaman konsep siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan strategi pembelajaran Index Card Matchberbantuan Macromedia Flashlebih baik dari pembelajaran konvensional; (3) Terdapat pengaruh positif antara keaktifan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada strategi pembelajaran Index Card Matchberbantuan Macromedia Flash; (4) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Matchberbantuan Macromedia Flashmencapai ketuntasan secara klasikal maupun individu.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...