Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 3 No 2 (2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 13 KOTA BENGKULU

Niken Puspa Satrya Putri (Universitas Bengkulu)
Nurul Astuty Yensy (Universitas Bengkulu)
Della Maulidiya (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2019

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran scramble. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP N 13 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes  hasil belajar siswa. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara memotivasi siswa untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajarnya pada tes akhir siklus selanjutnya, menghimbau kepada siswa untuk serius dalam mengerjakan tes akhir belajar tiap siklus dan guru juga mengatakan kepada siswa bahwa nilai tes setiap siklus juga berpengaruh terhadap nilai rapor, mengingatkan siswa untuk membuat rumus umumnya terlebih dahulu dan kesimpulan akhir jawaban, serta memberikan bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata tes hasil belajar siswa siklus I sampai siklus III secara berturut-turut adalah 60,56; 70,35; dan 82,74 serta ketuntasan belajar klasikal siklus I, siklus II, dan siklus III secara berturut-turut adalah 46,88%; 53,13%; dan 81,25%.Kata kunci : Model Pembelajaran Scramble, Hasil Belajar. AbstractThis study aims to improve student activity and learning outcomes by applying a model of scramble learning. The subjects of this study were the students of class VII C SMP N 13 Kota Bengkulu even semester of academic year 2017/2018 which amounted to 32 students. The type of research is Classroom Action Research (PTK) which is implemented in three cycles with the research flow of planning, action, observation, and reflection. Instrument used is test result of student learning. Student learning outcomes could also be improved by motivating students to better prepare themselves when the exam will take place and the teacher announces the final test results of cycle I and cycle II so that students are more motivated to improve and improve learning outcomes in the final test of the next cycle, appealed to students to serious in doing the end test of each cycle and the teacher also told the students that the value of each cycle test also affects the value of the report card, remind students to make the general formula in advance and the final conclusion of the answers, and provide guidance to students who have difficulty in learning. Improvement of student learning outcomes can be seen from the average value of the test results of student learning cycle I to cycle III in a row is 60.56; 70.35; and 82,74 and the completeness of classical learning cycle I, cycle II, and cycle III in a row is 46,88%; 53.13%; and 81.25%.Keywords : Scramble Learning Model, Learning Outcomes. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...