Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM)
Vol 3, No 2 (2020): JRPIPM April 2019 Volume 3 Nomor 2

PROFIL ARGUMENTASI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PISA-LIKE BERDASARKAN MODEL TOULMIN

Pramesti, Putri (Unknown)
Rosyidi, Abdul Haris (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Argumentasi merupakan bagian penting dalam memahami matematika karena siswa mengemukakan suatu klaim didasari oleh data dan dukungan teori yang memadai dari suatu masalah. Salah satu satu jenis soal yang melatih kemampuan argumentasi siswa adalah soal model PISA. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil argumentasi siswa dalam memecahkan masalah PISA. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik sampling dengan variasi maksimal sehingga diperoleh tiga subjek penelitian yang memiliki jawaban atau klaim berbeda. Data diperoleh melalui tes dan wawancara dan dianalisis menggunakan argumentasi Toulmin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua siswa dengan klaim benar, memiliki data yang lengkap sebagai dasar memutuskan klaim dan menghubungkannya dengan berbagai waran antara lain himpunan atau tabel, lalu mencocokkan data yang ada. Siswa-siswa ini memberi backing terhadap waran menggunakan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan. Sedangkan siswa dengan klaim salah, tidak memiliki data yang cukup akibat salah dalam memahami informasi yang diberikan. Siswa menggunakan waran berupa konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan. Namun, waran tersebut tidak memiliki backing yang mendukung.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrpipm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education both theory and practice. This Journal is published periodically twice a ...