Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP)
Vol 4, No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020

OPTIMALISASI PELAKSANAAN PROGRAM KOLEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SEBAGAI EVALUATOR DALAM MENYUSUN SOAL UAS DI SDN BAKALAN KECAMATAN SUMOBITO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Latifah, Umi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2020

Abstract

Menjadi seorang kepala sekolah merupakan tanggung jawab yang sangat besar. Kepala sekolah memiliki peranan penting dalam memimpin sekolah untuk mewujudkan pendidikan yang lebih baik. Dalam manajemen berbasis sekolah, pelaksanaan program-program sekolah didukung oleh adanya kepemimpinan yang demokratis dan professional. Kepala sekolah adalah manager pendidikan professional. Oleh karena itu perlu meningkatkan kemampuan dewan guru yang menjadi mitra kerja dalam satuan pendidikan yang dipimpinnya dalam hal penilaian proses pembelajaran baik dalam proses pembuatan, pelaksanaan maupan dam menganalisanya.Penilaian ini pada dasarnya bertujuan adalah agar guru SDN Bakalan memiliki kemampuan dalam menyusun soal tes Ulangan  Akhir Semester (UAS) dengan baik sesuai dengan kaidah penulisan soal yang benar.Penelitian ini berdasarkan rumusan permasalahan: Apakah dengan mengoptimalkan pelaksanaan program Kolektif yang telah disusun dapat meningkatkan kompetensi guru sebagai Evaluator dalam menyusun soal tes Ulangan Akhir Semester (UAS) di SDN Bakalan kecamatanSumobito kabupaten Jombang tahun pelajaran2018/2019.Metode yang  diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pengolahan kegiatan menyusun soal Ulangan Akhir Semester melalui kegiatan program Kolektif .Berdasarkan analisis data, dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan program Kolektif dalam menyusun tes Ulangan  Akhir Semester (UAS) sangat efektif.. Melalui program Kolektif pula dapat meningkatkan kemampuan guru di dalam menyusun tes yang baik hal ini terlihat pada kegiatan siklus pertama dan siklus kedua dengan peningkatan yang sangat signifikan yaitu dari rata rata nilai 66,7 dengan prosentase ketuntasan 45,5 % menjadi rata-rata nilai tes 85,7 dengan prosentase ketuntasan 100 % . Tes dikatakan layak apabila minimal 75 % kriteria bisa terpenuhi.Dengan demikian pada siklus pertama 100 % guru sudah mampu menyusun tes Ulangan Akhir Semester ( UAS)

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jdmp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP) publishes articles of theoretical or practical interest to those engaged in Educational Management and Educational ...