Journal of Tourism and Creativity
Vol 4 No 1 (2020): Tourism and Creativity: Tourism in 4.0 Era

Tren Segmentasi Pasar dan Perilaku Wisatawan Taman Bunga Amaryllis di Era 4.0

Ahmadintya Anggit Hanggraito (Universitas Gadjah Mada)
Ni Made Gandhi Sanjiwani (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2020

Abstract

Kajian yang berfokus terhadap aspek segmentasi pasar dan perilaku wisatawan di Era 4.0 belum banyak dilaksanakan secara mendalam. Di Era 4.0, penetrasi teknologi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perubahan perilaku wisatawan. Daya tarik wisata dengan spot foto unik semakin menjadi pilihan. Di sisi lain, dewasa ini semakin banyak ditemukan wisatawan dengan kesadaran lingkungan yang tinggi, sehingga daya tarik wisata yang memiliki nilai pelestarian lingkungan semakin diburu oleh pasar. Eksistensi Taman Bunga Amaryllis Yogyakarta adalah salah satu daya tarik wisata alam yang telah viral sejak akhir tahun 2015. Melalui metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, Penelitian ini mengeksplorasi segmentasi pasar dan perilaku wisatawan Taman Bunga Amaryllis di Era 4.0. Hasil studi ini menjelaskan bahwa karakteristik alosentris dan psikosentris dapat merepresentasikan segmentasi pasar di Era 4.0. Faktor demografi dan psikografi menjadi justifikasi pola perilaku wisatawan memiliki posisi penting pada Era 4.0. Justifikasi ini menuntun pada strategi pemasaran yang lebih hemat dan menunjukkan efisiensi promosi melalui social media euforia. Studi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman baru yang mendalam bagi para pelaku usaha wisata. Sehingga, strategi pemasaran yang efektif pada daya tarik wisata dapat dilakukan dengan melihat tren dari perilaku wisatawan di era 4.0 saat ini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tourismjournal

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Focus and Scope The Journal of Tourism and Creativity (JTC) is purely bring a new insight on tourism. Especially on tourism policy, creative tourism, sustainable tourism, tourism management and organization, travel and tourism, leisure and recreation. And other diciplines, such as sociology of ...