Pada proses pembelajaran, motivasi memiliki peranan yang penting karena motivasi dapat menumbuhkan minat dalam belajar. Penelitian ini akan dilakukan pada mahasiswa semester 1 program studi D3 Perpustakaan FKIP Untan dengan tujuan untuk mendeskripsikan motivasi mahasiswa dalam belajar bahasa Inggris dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu menggambarkan kejadian yang telah ada dengan menggabungkan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner, observasi, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 program studi D3 Perpustakaan FKIP Untan yang mengikuti mata kuliah Bahasa Inggris Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa semester 1 program studi D3 Perpustakaan FKIP Untan memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar bahasa Inggris, yang terdiri dari faktor internal dan eksternal.
Copyrights © 2019