Madrasah merupakan lembaga pendidikan Islam yang terintegrasi dalam sistem pendidikan nasional. Sejarah madrasah pada masa silam telah mengingatkan kepada sebuah lembaga yang terdiskriminasikan. Namun keberadaan madrasah sangatlah dibutuhkan masyarakat. Dewasa ini perkembangan zaman eksistensi madrasah sangat menggembirakan. Terlebih Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Jakarta yang memiliki segudang prestasi baik akademik maupun non akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis lebih dalam tentang konsep pendekatan mutu Madrasah Tsanawiyah Pembangunan Jakarta. Sumber data diperoleh dari semua yang terlibat dalam pengambilan data baik kepala sekolah, guru, dan siswa serta stakeholder maupun sarana prasana sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian kualitatif deskriptif pada Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bahwa pendekatan mutu pendidikan sudah sangat baik dilaksanakan. Terbukti Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi sekolah favorit dikalangan masyarakat dari sekolah umum dan memiliki akreditasi unggul A.
Copyrights © 2020