cover
Contact Name
Agus Mailana
Contact Email
agus.mailana@gmail.com
Phone
+6281222202006
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Pesantren, Kampung Ceger, RT. 003/003, Jurangmangu Timur, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15222
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam
ISSN : 20887981     EISSN : 26851148     DOI : https://doi.org/10.36670
Al Amin : Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam Pendidikan is an interdisciplinary publication of original research and articles on Islamic Studies and Educational Sciences. This journal aims to provide a forum for scientific understanding of the field of education and plays an important role in promoting processes that accumulate knowledge, values, and skills. Scientific texts related to the topic of Islamic Studies and Education are very welcome to be conveyed. This journal includes research articles, original research reports, scientific reviews in education including: Islamic Religious Education Learning, which includes material, curriculum, methods, strategies, media, design, psychology, and evaluation; Learning content of Islamic Religious Education includes learning al-Qur`an Hadith, Islamic creed, jurisprudence, and Islamic Cultural History Science integration in Islamic Religious Education learning.
Articles 134 Documents
HUKUMAN MATI BAGI PENGEDAR NARKOBA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM Zainuddin Abdullah
Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam Vol 1, No 02 (2018): Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam
Publisher : STIT AL-AMIN KREO TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (665.549 KB) | DOI: 10.36670/alamin.v1i2.7

Abstract

In the early of Islam, the meaning of khamr is kind of intoxicating drinks that they are made from grape, dates, wheat and so on. The meaning of khamr experiences development either from kind, name and its danger that follows the development of time. In Islamic law, for the dealer of Narkoba with certain scale can be categorized as criminal act (Ḥirābah), extraordinary crime and because of that threatened with Ḥudūd sentence such as death sentence. It suits the spirit of Maqāṣid al-Syarī’ah especially about al-Darūriyyah al-Khams.
PERLINDUNGAN HUKUM BAGI GURU Saihu Saihu; Taufik Taufik
Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam Vol 2, No 02 (2019): Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam
Publisher : STIT AL-AMIN KREO TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.985 KB) | DOI: 10.36670/alamin.v2i02.20

Abstract

Dalam beberapa dekade terakhir para guru dalam melakukan tugasnya sering kali menjadi subjek kontrol sosial dan media massa. Hal ini disebabkan maraknya tindak kekerasan yang terjadi di sekolah, baik yang dilakukan oleh siswa, orang tua, pengelola sekolah hingga guru itu sendiri. Tindakan kekerasan ini kadang-kadang terjadi karena kegiatan pendisiplinan siswa yang dilakukan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan penjelasan tentang pentingnya peraturan yang jelas tentang perlindungan guru dalam melaksanakan tugas. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka. Dan hasil dari penelitian ini adalah bahwa peraturan saat ini tidak cukup kuat dalam memberikan perlindungan hukum bagi guru dalam melakukan tugas, sehingga perlu pembuktian hukum yang lebih jelas dan lebih menekankan guru dalam melakukan tugas
MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA Saihu Saihu
Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam Vol 1, No 01 (2018): Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam
Publisher : STIT AL-AMIN KREO TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.606 KB) | DOI: 10.36670/alamin.v1i1.1

Abstract

Pioneer of Islamic education changes toward a modernization education especially religion school (Islamic Education), first originated by colonialism governance in this case is Holland  that built people school, secondly originated from Islamic Reformis Bachelor they have been finished their studied in Mecca Saudi Arabia. Need we know that an institutions of Islamic education such as pesantren or surau initially using a traditional method and there is no classical but after Islamic bachelors back home to Indonesia their built a system and modern method that an education must be there a class, grade, goal, and curriculum etc. furthermore most of Islamic Education using a modern system all of the devices of them, but there was a little of them still implemented a traditional method its depends on of the material.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH Abdul Aziz Hasibuan
Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam Vol 2, No 01 (2019): Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam
Publisher : STIT AL-AMIN KREO TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.274 KB) | DOI: 10.36670/alamin.v2i1.14

Abstract

Kedisiplinan menjadi salah satu perhatian serius dalam lembaga pendidikan, dalam sekolah masih ada ketidakdisiplinan yang terjadi, sehingga dibutuhkan penanganan yang tepat dalam mengurangi dan mencegah terjadinya ketidakdisiplinan di sekolah. Kedisiplinan sangat dibutuhkan baik oleh guru maupun siswa dalam proses pembelajaran, tanpa adanya kedisiplinan proses pembelajaran tidak akan berhasil secara maksimal. Oleh sebab itu dalam penelitian ini peneliti ingin mengkaji dan menganalisis tentang disiplin belajar siswa yang dikaitkan dengan kepemimpinan kepala sekolah serta kompetensi guru. Penelitian dilakukan terhadap guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Ciputat, Tangerang Selatan, dengan menggunakan metode kuantitatif yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Dari penelitian ini didapati bahwa kedisiplinan belajar siswa dapat dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru, kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa, adanya kepemimpinan kepala sekolah yang mengedepankan kualitas proses pembelajaran serta adanya guru yang memiliki kompetensi baik akan memberikan perubahan yang berarti pada kedisiplinan belajar siswa di sekolah
KONSTRUKSI WACANA RASIONALITAS DALAM BUKU ARGUMEN KESETARAAN JENDER KARYA NASARUDDIN UMAR Muhammad Adlan Nawawi; Abd Muid N
Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam Vol 2, No 02 (2019): Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam
Publisher : STIT AL-AMIN KREO TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.995 KB) | DOI: 10.36670/alamin.v2i02.27

Abstract

Konsep “rasionalitas” yang menjadi dasar pegangan untuk memahami sebuah objek permasalahan selalu bermuara pada kesimpulan yang beraneka macam ataupun bertentangan. Perbincangan tentang al-Qur’an dan Filsafat sebagai sumber rujukan dalam memahami permasalahan sosial-kemasyarakatan, pun selalu menghadirkan pemahaman yang berlawanan. Al-Qur’an bersumber pada konsepsi ilahiah, sementara filsafat berpegang pada otoritas manusia. Kesimpulan awal ini sudah menunjukkan perbedaan yang cukup ekstrem. Hasilnya pun sudah dipastikan memiliki “logika” nya masing-masing. Kritik Wacana memberi perspektif tentang sejauh mana kita memandang persoalan dengan latar belakang yang beraneka macam, tidak satu paradigma. Rasionalitas pun tidak lagi memiliki sumber yang tunggal, meski pada prinsipnya, rasionalitas adalah instrumen memahami al-Qur’an dan filsafat. Atas dasar itu, tidaklah relevan mempertentangkan antara al-Qur’an dan filsafat, sejauh rasionalitas yang dipakai untuk memahami keduanya merupakan instrumen bagi manusia dalam memahami objek persoalan di sekitarnya.
PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURALISME Saihu Saihu
Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam Vol 1, No 02 (2018): Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam
Publisher : STIT AL-AMIN KREO TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.988 KB) | DOI: 10.36670/alamin.v1i2.8

Abstract

A simple definition of education is how to improve the potential of human life adapted with our values and cultures. While multiculturalism many experts define a diverse or compound. Indonesia has got more than 300 tribes actually they have different cultures, values, languages etc that sometimes happening a conflict. in this way Islamic Multiculturalism Education expected can solve the problems in our  state or communities, at least give some awareness that conflict is not good situation to developed. Education has to capable give the bids which a smart solution, such as designing material, method and curriculum that make the communities understood the importance of tolerance, honor  each other, can live together with different background
LANDASAN PIKIR PERDEBATAN EKSISTENSI BAHASA ARAB FUSHA DAN ‘AMMIYYAH Abd Aziz
Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam Vol 2, No 02 (2019): Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam
Publisher : STIT AL-AMIN KREO TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.716 KB) | DOI: 10.36670/alamin.v2i02.21

Abstract

Bahasa Arab fusha adalah bahasa Arab yang tetap terjaga fasahahnya dan secara prinsip sama dengan bahasa Arab yang digunakan pada masa Jahiliyah dan awal Islam. Sedangkan bahasa Arab ‘ammiyyah adalah bahasa Arab yang telah mengalami banyak perubahan dari bentuk yang fusha, baik aspek kosa-kata maupun strukturnya. Pada akhir abad ke-19 muncul seruan untuk memilih penggunaan ‘ammiyyah sebagai bahasa lisan dan tulisan. Alasannya karena ia digunakan oleh masyarakat Arab secara umum dan bentuk serta strukturnya yang sederhana. Di pihak lain banyak kalangan pembela fusha dengan menyodorkan sejumlah kelemahan ‘ammiyyah sebagai alasan penolakannya. Pada kenyataannya, kedua jenis bahasa Arab ini masih eksis di masyarakat Arab dengan fungsinya masing-masing
TELAAH TERHADAP FIKIH ZAKAT KONVENSIONAL (Upaya Rekonstruksi Fikih Zakat Agar Lebih Fungsional dan Berdaya Guna) Zainuddin Abdillah
Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam Vol 1, No 01 (2018): Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam
Publisher : STIT AL-AMIN KREO TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (602.306 KB) | DOI: 10.36670/alamin.v1i1.2

Abstract

Zakat is one of the five pillars of Islam. Zakat potential is extraordinary in Indonesia and it is still not used maximally. It happens because there are still obstacles, either traditional attitudes of people in managing zakat or the institution of government (BAZNAS) is still not effective. For that, in order to be more functional and useful, we need new innovations either in the management system, human resources or the concept of zakat follows new condition. And also, the roles of government need to be more concrete than only making regulation. Therefore, the government has to have power to force.
TA’RIB DAN SEMANGAT NASIONALISME KEBAHASAAN ARAB Abdul Aziz
Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam Vol 2, No 01 (2019): Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam
Publisher : STIT AL-AMIN KREO TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.821 KB) | DOI: 10.36670/alamin.v2i1.15

Abstract

Bahasa Arab tidak pernah berhenti mengasimilasi ilmu yang diterjemahkan dari bahasa lain, seperti bahasa Hindi, Persia, Yunani, Syria, dan lain-lain. Hasil dari itu semua adalah warisan kebahasaan (linguistik) yang padat sisi keilmiahannya, yang pada gilirannya memperkaya bahasa Arab dalam menghadapi proses Arabisasi modern dalam arti seluas-luasnya. Ta’rib menjadi istilah arabisasi, merupakan bahasan mengenai kata serapan (loanwords) dan dianggap sebagai perkembangan makna dalam bahasa Arab. Pada kesimpulannya, sebagai jalan tengah dan sebagai bagian dari upaya menjaga nasionalisme bahasa Arab, bahwa boleh saja mengambil kata-kata asing sebagai upaya terakhir, setelah terlebih dahulu mencari padanannya dalam bahasa Arab, baik dengan merujuk kepada ungkapan lama maupun dengan pembentukan istilah baru. Aliran ini terdapat di Kairo, Damaskus, dan Bagdad
KOMUNIKASI DAKWAH IMAM AL-GHAZALI DALAM KITAB IḤYĀ ‘ULUMIDDĪN Pia Khoirotun Nisa
Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam Vol 1, No 02 (2018): Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam
Publisher : STIT AL-AMIN KREO TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.319 KB) | DOI: 10.36670/alamin.v1i2.9

Abstract

Dakwah communication of Imam al-Ghazali in his book Ihya Ulumuddin explains about the understanding of dakwah briefly and clearly. The book stresses to internalization process, diffusion, institutionalization and transformation of Islamic teaching that involves some aspects for realizing good life, safety and light in the world and in the world after here.

Page 1 of 14 | Total Record : 134