Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 11, No 1 (2020): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan

EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MEDIA PhET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Fajrul Wahdi Ginting (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2020

Abstract

pembelajaran inquiry training menggunakan media PhET; kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran direct instruction; dan  perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media PhET  dan model pembelajaran direct instruction. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII-A dan kelas VIII-D, dimana kelas VIII-A diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media PhET dan kelas VIII-D dengan model pembelajaran direct instruction. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis berupa tes essay dan tes pilihan berganda. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media PhET berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran direct instruction. Kata kunci: inquiry training, direct instruction, media PhET, kemampuan berpikir kritis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

gm

Publisher

Subject

Aerospace Engineering

Description

Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan ...